Selamat! Jateng Raih Penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah Berkinerja Terbaik 2024

Selamat! Jateng Raih Penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah Berkinerja Terbaik 2024

PENGHARGAAN- Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo di sela acara Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2024, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 14 Juni 2024.-Istimewa-Radartegal.disway.id

JAKARTA, radartegal.id– Penghargaan kembali diraih Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Kali ini, Jawa Tengah berhasil meraih penghargaan sebagai Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) berkinerja terbaik untuk kategori provinsi di kawasan Jawa dan Bali pada TPID Award 2024.

Sebelum meraih penghargaan tersebut, berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemprov Jateng untuk mengendaikan inflasi di wilayahnya. Dari sisi hulu, upayanya meliputi fasilitasi bantuan benih cabai, fasilitasi pupuk bersubsidi, sosialisasi gerakan menanam di pekarangan, dan Pembangunan green house dalam optimalisasi budidaya cabai. 

Dari sisi hilir, upaya yang dilakukan meliputi penyaluran beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP), pemberian subsidi pangan, Pelaksanaan Gerakan Pangan Murah  (GPM), penyaluran fasilitasi distribusi kepada  petani/gapoktan/pelaku pangan lainnya, Pengawasan penyaluran Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), dan lainnya.

Pemprov Jateng juga membuat sejumlah inovasi program  dalam upaya pengendalian inflasi tahun 2024. Di antaranya BUMD Jateng Peduli Inflasi,  inisiasi pembentukan ekosistem/distribusi cabai/bawang merah, business matching, perluasan area green house, penguatan early warning system harga komoditi, gerakan 1.000 petani peduli inflasi, kios TPID Pandawa Kita, dan sebagainya. 

BACA JUGA: Ditarget Rp1 Miliar Lebih, Borobudur Indonesia Expo 2024 Digelar Pemprov Jateng 4 Hari

BACA JUGA: Harganas 2024, Sekda Jateng Ingatkan Peran Keluarga dalam Wujudkan Generasi Emas 2045

Penghargaan tersebut diterima langsung Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana dari Presiden Joko Widodo di sela acara Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2024, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 14 Juni 2024.

Presiden Jokowi menyampaikan, ucapan terima kasih kepada TPIP dan TPID yang telah berusaha keras untuk mengendalikan inflasi. Sehingga pada Mei 2024 lalu, inflasi nasional diangka 2,84%. 

"Ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Kalau kita ingat 9 - 10 tahun  yang lalu, inflasi kita masih diangka 9,6%. Dan atas usaha keras, kita berada di angka 2,84%," kata Jokowi. 

"Alhamdulillah Jawa Tengah mendapatkan penghargaan Tim Pengendali Inflasi Award tingkat provinsi berkinerja terbaik se Pulau Jawa dan Bali," ucap Nana usai menerima penghargaan. 

BACA JUGA: 40 Perwakilan Pemprov Riau Belajar Pelayanan Publik Jawa Tengah, Sekda Jateng: Memotivasi Kita

BACA JUGA: Kapolda Jateng di Brebes Minta Masing-masing Daerah Amankan Pilkada Serentak 2024

Nana mengatakan,  penghargaan ini hasil kerja sama yang baik antara pemerintah provinsi, kabupaten/kota dengan instansi terkait seperti Bank Indonesia, Bulog hingga BUMD.

Sumber: