Hampir 100 Tahun Berdiri, Warung Tertua di Tegal Sudah Ada Sejak Tahun 1926

Hampir 100 Tahun Berdiri, Warung Tertua di Tegal Sudah Ada Sejak Tahun 1926

WARMA - Dengan sejarah panjang yang telah mengakar sejak tahun 1926, warung tertua di Tegal ini telah menjadi bagian dari identitas kota Tegal.-(Google Maps)-

TEGAL, radartegal.id - Warung tertua di Tegal Pi'an merupakan salah satu ikon kuliner yang telah bertahan hampir seabad, tepatnya sejak tahun 1926. Dengan usia yang hampir mencapai 98 tahun, warung ini tidak hanya sekadar tempat makan, tetapi juga saksi bisu perjalanan sejarah Kota Tegal. 

Warung tertua di Tegal ini dikenal luas dengan sajian nasi lengko yang autentik dan berbagai makanan khas lainnya, seperti sate kambing muda, gulai kambing, sop ayam, ayam bakar, dan nasi campur. 

Saat ini, Warung Pi'an dikelola oleh generasi ketiga, yakni kakak beradik Budi Santoso, 50 tahun, dan Budi Raharjo, 48 tahun, yang setia mempertahankan tradisi dan kelezatan menu yang diwariskan.

Warung Pi'an, yang mendapat julukan "Raja Lengko", didirikan oleh Nurachman pada tahun 1926 di Jalan Kolonel Sudiarto, hanya 30 meter di utara Stasiun Kereta Api Kota Tegal. 

BACA JUGA: Warung Makan Nuansa Jawa Kuno di Kabupaten Tegal, Kulineran Sambil Nostalgia ke Masa Kejawen

BACA JUGA: 8 Pilihan Kuliner Khas Tegal 2024 yang Patut Dicoba, Dijamin Lezat dan Bikin Nagih

Sejarah Panjang Warung Pi'an

Pada masa awal berdirinya, warung ini belum memiliki nama resmi. Nurachman membantu orang tuanya menjalankan warung ini hingga akhirnya nama Warung Pi'an mulai dikenal luas setelah tahun 1950.

Setelah Nurachman wafat pada tahun 1979, pengelolaan warung diteruskan oleh generasi kedua, yaitu Pi'an. Pi'an, yang menjadi tokoh sentral dalam perkembangan warung ini, meninggal pada tahun 2015 di usia 85 tahun. 

Kini, Warung Pi'an dikelola oleh generasi ketiga, Budi Santoso dan Budi Raharjo, yang terus melestarikan cita rasa khas warung ini.

Menu Andalan Warung Pi'an

Nasi lengko menjadi menu andalan di Warung Pi'an, yang terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan tahu goreng, ketimun, kecambah, bumbu kacang, kecap, bawang goreng, dan kerupuk mie. 

Sumber: