Jelang Idul Adha Pasokan Kebutuhan Pokok di Tegal Aman, Pj. Walikota Minta Warga Tidak Khawatir

Jelang Idul Adha Pasokan Kebutuhan Pokok di Tegal Aman, Pj. Walikota Minta Warga Tidak Khawatir

Pj Walikota Tegal memastikan pasokan kebutuhan pokok di Tegal aman jelang Idul Adha--

TEGAL, radartegal.id – Penjabat (Pj) Walikota Dadang Somantri memastikan pasokan komoditas untuk kebutuhan bahan pokok masyarakat di Kota Tegal aman menjelang perayaan Idul Adha 1445 H. Karenanya, masyarakat diminta untuk tidak khawatir dan belanja dengan bijak.

Itu, disampaikannya saat membuka kegiatan Pasar Murah dalam rangka Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) 2024. Kegiatan dilaksanakan di Halaman Citra Mandiri Jawa Tengah (CMJT) Alun-alun Kota Tegal, Kamis 13 Juni 2024 pagi.

“Pasokan menjelang Idul Adha cukup aman, artinya tidak usah merasa khawatir ini akan kehabisan. Maka belanjalah yang bijak sesuai kebutuhan saja," katanya.

Selain itu, kata Dadang, pihaknya juga mengimbau agar masyarakat tidak mudah percaya dengan infromasi-informasi yang tidak benar. Seperti mengatakan harga barang akan naik.

BACA JUGA: Jelang Nataru, Ketua DPRD Jateng Sumanto Minta Pemprov Rem Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok

BACA JUGA: Jelang Lebaran 2023 Stok Kebutuhan Pokok di Jateng Aman, Harga Stabil

“Harga-harga kita sudah lihat, laporan setiap hari dari kepala dinas sudah jalan, artinya setiap saat, kita pantau terus. Kalaupun misalnya ada penipisan barang yang ada di lapangan tapi saya kira di Kota Tegal belum pernah terjadi," ujarnya.

Dadang menyebut, selama ini untuk pasokan ada kerjasama dengan Kabupaten Brebes, Tegal dan Pemalang untuk beberapa kebutuhan pokok. Utamanya, yang biasanya ada peningkatan dan sumbernya ada di sana.

Terkait pasar murah, Dadang menyampaikan itu, merupakan langkah konkrit kerja sama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah dengan Pemkot Tegal. Serta anggota Tim Penggendali Inflasi Daerah (TPID) dalam rangka memberikan akses terhadap pangan yang terjangkau oleh seluruh masyarakat.

"Kami berharap dengan adanya pasar murah, inflasi akibat kekahwatiran masyarakat dalam menghadapi HKBN dapat berkurang. Saya juga berharap seluruh unsur masyarakat Kompak dalam menstabilkan ekonomi menjaga supaya kondusifitas kegiatan perekonomian akan berjalan dengan baik,”ujar Dadang.

BACA JUGA: Disidak, Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat di Pasar Tradisional Kabupaten Tegal Relatif Stabil

BACA JUGA: Harga Kebutuhan Pokok Naik Drastis, Daging Sapi per Kilogram Rp159 Ribu, Ayam Rp43 Ribu

Analis Perdagangan Ahli Muda Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, Mieke, menyampaikan kegiatan pasar murah ini juga sebagai upaya pemerintah. Dalam embantu mempromosikan produk UKM dan kuliner Jawa Tengah. 

Sumber: