Deretan Mitos dan Fakta Candi Borobudur yang Masih Berkembang di Indonesia, Pasti Sering Dengar!

Deretan Mitos dan Fakta Candi Borobudur yang Masih Berkembang di Indonesia, Pasti Sering Dengar!

Mitos dan fakta Candi Borobudur-freepik-

BACA JUGA: 5 Mitos Candi Borobudur: Dari Adanya Arsitek Misterius Sampai Kunto Bimo yang Penuh Misteri

BACA JUGA: 5 Mitos tentang Arca Kunto Bimo di Candi Borobudur, Punya Kekuatan Magis dan Kebal pada Apapun?

Candi Borobudur dibangun pada abad ke-8 Masehi menjelang tahun 900 Masehi. Untuk lokasinya sendiri ada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Daya tarik Candi Borobudur yaitu sejumlah relief yang ada di tempat ini dan juga arsitekturnya. Ada ribuan relief dan ratusan stupa dengan desan kompleks yang begitu mengesankan bisa Anda temukan disini.

Relief-relief di Candi Borobudur menggambarkan cerita dari kehidupan dan ajaran agama Budha. Keindahan bentuknya ini menjadi daya tarik tempat wisata ini di kalangan wisatawan. 

Mitos Candi Borobudur tadi menyebutkan bahwa reliefnya menyimpan kekuatan magis yang padahal memiliki makna religius. Candi ini memiliki makna simbolis yang mendalam dalam ajaran Budha, seperti representasi dari perjalanan menuju pencerahan.

BACA JUGA: Candi Prambanan dan Borobudur: Bukti Cinta Buta Si Garuda dan Dewi Tara?

BACA JUGA: Mitos Candi Selogriyo Magelang, Sering Terdengar Gamelan pada Malam Ini

Hal menarik dari Candi Borobudur lainnya yaitu berkaitan dengan jalur perjalanan spiritual di sekitarnya. Hal ini bisa terlihat dari relief dan stupa yang ada menggambarkan konsep dalam agama Budha seperti adanya karma dan reinkarnasi.

Fakta menarik tentang Candi Borobudur yaitu objek wisata ini sudah termasuk salah satu Situs Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1991. Bukan sekedar sebagai situs peninggalan bersejarah, tetapi Candi Borobudur jadi salah satu objek wisata populer di Indonesia. 

Penutup

Candi Borobudur jadi tempat wisata yang tidak pernah sepi pengunjung, terutama bagi orang-orang yang pecinta seni dan sejarah. Ditambah lagi ia menyimpan sejumlah cerita menarik yang menjadi nilai tambah di kalangan pelancong.

BACA JUGA: Misteri Kepala Arca Budha di Candi Borobudur, dari 504 Arca, Hilang 276 Sisanya 57 Belum Dipasang

BACA JUGA: Kisah 25 Candi Yang Menjadi Asal-usul Kota Slawi, Konon Disediakan untuk Para Perjaka

Sumber: