Pantang Potong Kuku di Malam Hari, Mitosnya Bisa Memicu Musibah

Pantang Potong Kuku di Malam Hari, Mitosnya Bisa Memicu Musibah

Mitos Potong Kuku Malam Hari.--

radartegal.id – Di Indonesia mitos potong kuku di malam hari menjadi salah satu tradisi atau kepercayaan yang masih diamalkan oleh beberapa masyarakat di Indonesia. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai hal itu.

Mitos potong kuku di malam hari ini dianggap sebagai suatu tindakan yang dapat membawa malapetaka atau kesialan bagi kepercayaan beberapa orang. Beberapa masyarakat di Indonesia, menganggap bahwa mitos yang satu ini memiliki makna simbolis yang cukup dalam.

Kuku sendiri diibaratkan sebagai bagian penting dalam melindungi tubuh dari beragam macam hal buruk. Berikut ini mitos potong kuku di malam hari.

Karena dianggap sebagai bagian yang penting, maka memotong kuku pada malam hari dianggap sebagai tindakan yang mengganggu stabilitas dan keamanan seseorang. Berikut ini penjelasan mengenai mitos potong kuku malam hari.

BACA JUGA: Bongkar Mitos Makan Daging Kambing Menjelang Idul Adha, Apakah Benar Bisa Bikin Darah Tinggi?

Mitos potong kuku malam hari

Tahukah Anda bahwa mitos potong kuku malam hari ternyata masuk dalam perbuatan pamali dalam kitab Primbon Jawa, lho. Karena bagi Mereka yang melakukan perbuatan tersebut maka dipercaya akan mendapatkan beberapa musibah salah satunya yakni mati lebih cepat.

Lalu, bagaimana alasan logis di balik larangan memotong kuku di malam hari? Bagi Anda yang penasaran, maka simak ulasan ini sampai selesai, ya.

Alasan logis di balik larangan memotong kuku di malam hari ternyata untuk menjaga keamanan dan kenyamanan orang yang tinggi di sekitar Anda. Diketahui, memotong  kuku pada malam hari  dipecaya dapat mengganggu tidur orang lain karena suara yang ditimbulkan, apalagi jika Anda tinggal di sebuah apartemen.

Tidak hanya itu, memotong kuku pada malam hari juga dapat menimbulkan cedera kepadadiri sendiri karena cahaya pada malam hari  kurung cukup untuk melihat jelas ujung kuku yang akan Anda potong. Hal ini tentu bisa membuat Anda tidak waspada dan rentan terhadap cedera yang tidak Anda inginkan.

BACA JUGA: 3 Benda Kramat yang Dipercaya Membawa Keberuntungan, Mitos atau Beneran Nyata?

Selain alasan di atas, prinsip kebersamaan juga perlu menjadi pertimbangan logikdi balik larangan memotong kuku pada malam hari, lho. Beberapa orang, diketahui menggunakan waktu malam untuk beristirahat dan mengisi energi untuk aktivitas keesokan harinya.

Nah, dengan Anda membiarkan orang lain untuk beristirahat tanpagangguan. Maka Anda turut menghargai kebutuhan dan kesejahteraan orang di sekitar Anda.

Oleh karena itu, larangan memotong kuku di malam hari ini bukan sekadar aturan. Melainkan ada maksud lain yakni sebuah tindakan yang berhubungan dengan nilai kebersamaan dan kepedulian terhadap lingkungan tempat tinggal Anda sendiri.

Ada pun bunyi mitos larangan memotong kuku dimalam hari sebagai berikut.

BACA JUGA: Mitos Curug Cipendok Banyumas Jawa Tengah, Konon Dihuni Makhluk Halus Berwujud Peri

Riau “tak boleh potong kuku di potang ai, beko tak panjang umurnyo (tidak boleh memotong kuku setelah sore hari, nanti tidak panjang  umur)”.

Kalimantan “Pamali manatak kuku malam, bisa handap umur (jangan memotong kuku saat malam hari, bisa pendek umur)”.

Makasar “Pammali mattobak kanuku komawenni, nasabak mopocok sungekik (tidak boleh memotong kuku pada malam hari, sebab akan pendek umur)”.

Bali “Pamali motong kuku pas peteng, nyanan cepet mati (pamali memotong kuku malam hari, nanti cepat mati)”.

BACA JUGA: Fakta atau Mitos Larangan Duduk Depan Pintu, Beneran Akan Sulit Mendapatkan Jodoh?

Tidak hanya itu, arti penting memotong kuku di malam hari bagi beberapa masyarakat juga merupakan hal  untuk memastikan kuku Anda rapi dan terjamin dari kebersihannya sebelum tidur.

Jadi,  ketika Anda memotong kuku di malam hari, maka Anda bisa membersihkan sisa kotoran yang menempel di kuku sepanjang hari. Memotong kuku diketahui bisa membantu Anda dalam mencegah kuku terlalu panjang yang dapat membawa kotoran dan bakteri penyebab munculnya penyakit.

Dengan Anda memotong kuku, maka dapat merawat kebersihantubuh Anda secara keseluruhan dan dapat memberikan efek positif bagi kesehatan jari-jari tangan dan kaki. Demikian ulasan mengenai mitos potong kuku pada malam hari. 

Sumber: