Mengenal Jenis-Jenis Ban Mobil dan Fungsinya, Pilih yang Sesuai dengan Kendaraan Anda

Mengenal Jenis-Jenis Ban Mobil dan Fungsinya, Pilih yang Sesuai dengan Kendaraan Anda

Berikut adalah salah satu jenis ban mobil yang digunakan sehari-hari pada umumnya.-(Gambar Pinterest)----

radartegal.id - Kali ini, kita akan membahas tentang berbagai jenis ban mobil yang sering kita temui di jalan raya. Mungkin banyak dari kita yang belum tahu, ternyata ban mobil punya jenis-jenis yang berbeda, lho! Yuk, kita pelajari lebih lanjut biar lebih paham dan bisa memilih ban yang tepat untuk mobil kita.

Berikut adalah jenis-jenis ban mobil yang perlu kita ketahui, berdasarkan cuplikan dari video YouTube di channel ShadowProduction1.

1. Ban Radial

Jenis ban pertama yang akan kita bahas adalah ban radial. Ban ini memiliki desain dengan lapisan serat melingkar dan lapisan serat membujur yang menyerupai sabuk. Fungsi dari serat ini adalah untuk menahan panas agar dapat merata ke seluruh lapisan ban.

Karena kemampuannya yang baik dalam menahan panas, ban radial sangat cocok digunakan untuk kendaraan yang sering melaju dengan kecepatan tinggi. Traksi yang baik dari ban ini membuatnya banyak digunakan pada mobil penumpang. Jadi, jika Anda sering berkendara di jalan tol dengan kecepatan tinggi, ban radial bisa menjadi pilihan yang tepat.

BACA JUGA: Masih Eksis! 4 Rekomendasi Mobil Sedan Bekas Ini Cuma 70 Jutaan

BACA JUGA: Siapkan Budget Gak Nyampe 100 Juta! 4 Mobil Bekas Irit Ini Cocok Banget untuk Anda

2. Ban Bias

Selanjutnya, ada ban bias. Ban jenis ini memiliki dua lapisan serat yang saling menyilang. Berbeda dengan ban radial, ban bias kurang baik dalam menahan panas. Namun, kelebihan dari ban ini adalah memiliki tapak yang tebal.

Tapak yang tebal ini membuat ban bias cocok digunakan pada kendaraan berat seperti truk atau pick-up. Jadi, jika Anda memiliki kendaraan berat yang sering digunakan untuk mengangkut barang, ban bias bisa menjadi pilihan yang tepat karena kekuatannya yang bisa diandalkan.

3. Ban Tubeless

Sumber: