Diklaim Lebih Halus dan Responsif! Ini 7 Kelebihan Transmisi CVT Ketimbang AT pada Mobil

Diklaim Lebih Halus dan Responsif! Ini 7 Kelebihan Transmisi CVT Ketimbang AT pada Mobil

Diklaim Lebih Halus dan Responsif! Ini 7 Kelebihan Transmisi CVT Ketimbang AT pada Mobil-berita tegal terkini-radar tegal

CVT menghasilkan suara mesin yang lebih halus dibandingkan AT, terutama saat akselerasi. Hal ini karena CVT tidak memiliki gigi yang kasar seperti AT.

Suara mesin yang halus ini memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan tenang, terutama bagi pengendara yang sering bepergian jauh.

BACA JUGA: Cara Membersihkan CVT Motor Matic Tanpa Perlu Bantuan Mekanik, Bisa Dilakukan di Rumah

BACA JUGA: Sama-sama 'Matic,' Ternyata 4 Hal Ini yang Membedakan Transmisi CVT dengan Transmisi AT

7. Daya Tahan yang Lebih Lama

CVT umumnya memiliki daya tahan yang lebih lama dibandingkan AT. Hal ini karena CVT tidak memiliki komponen yang mudah aus seperti kopling hidrolik pada AT.

Kopling hidrolik pada AT merupakan komponen yang sering mengalami keausan dan perlu diganti secara berkala, sehingga dapat meningkatkan biaya perawatan. CVT yang tidak memiliki komponen ini pun diprediksi memiliki usia pakai yang lebih panjang.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, CVT menawarkan beberapa kelebihan dibandingkan AT, seperti perpindahan gigi yang lebih halus, hemat bahan bakar, akselerasi yang lebih halus, tenaga mesin yang lebih terjaga, perawatan yang lebih mudah, suara mesin yang lebih halus, dan daya tahan yang lebih lama.

Meskipun CVT memiliki beberapa kekurangan seperti harga yang lebih mahal dan kurang responsif pada akselerasi, kelebihan-kelebihannya menjadikannya pilihan yang menarik bagi banyak pengendara yang mencari mobil yang nyaman, efisien, dan tahan lama.

BACA JUGA: Anjuran Membersihkan CVT Motor Matic yang Tepat, Haruskah Pakai Cairan Khusus?

BACA JUGA: Keistimewaan Honda Brio RS CVT 2024 yang Memukau, Membuatnya Berbeda dari yang Lain

Pilihan Transmisi yang Tepat

Pilihan transmisi yang terbaik untuk Anda tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. Jika Anda mencari mobil yang nyaman dikendarai dan hemat bahan bakar, CVT adalah pilihan yang tepat.

Sumber: