Sama-sama 'Matic,' Ternyata 4 Hal Ini yang Membedakan Transmisi CVT dengan Transmisi AT

Sama-sama 'Matic,' Ternyata 4 Hal Ini yang Membedakan Transmisi CVT dengan Transmisi AT

Padahal Sama-sama 'matic' Ternyata 4 Hal Ini yang Membedakan Transmisi CVT dengan Transmisi AT--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Mungkin bagi sebagian orang mengetahui bahwasanya mobil matic menggunakan transmisi otomatis atau AT. Namun, sebenarnya ada transmisi otomatis lainnya sama-sama "matic" bernama transmisi CVT.

Adapun kedua transmisi baik transmisi CVT dan transmisi AT menawarkan kemudahan untuk mengendarai mobil lebih gampang dengan tidak perlu memindahkan gigi. Meskipun menawarkan kemudahan yang sama, kedua transmisi ini memiliki beberapa perbedaan.

Perbedaan antara transmisi CVT dengan transmisi AT umumnya terdapat pada performa, kecocokan, hingga cara kerjanya.

Nah, pada pembahasan artikel kali ini, Radar Tegal akan menjelaskan beberapa perpedaan dari tranmisi CVT dengan transmisi AT. Untuk itu, simak informasi ini sampai habis agar tidak keliru.

BACA JUGA: Kendala Transmisi Toyota Veloz, Pahami Sumber Masalahnya dan Cara Mengatasinya

Perpedaan transmisi CVT dengan transmisi AT

Mengutip informasi dari berbagai media otomotif, ada beberapa aspek yang menjadi pembeda antara transmisi otomatis CVT dengan AT, antara lain:

1. Perpindahan Gigi

Perpindahan gigi dedngan CVT menggunakan puli dan sabuk baja untuk mentransfer tenaga dari mesin ke roda. Adapun sistem ini menghasilkan perpindahan gigi yang lebih halus bahkan sampai tidak berefek ke mesin.

Sedangkan perpindahan gigi pada transmisi AT menggunakan planetary gear seat dan torque converter yang mana berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda.

Perpindahan gigi pada transmisi AT sayangnya lebih kasa, bahkan sangat kasar pada model-model mobil tertentu.

BACA JUGA: Nyaris Setengah M, Ini Spesifikasi Toyota Kijang Innova Venturer Generasi 7 Terakhir yang Pakai Mesin Diesel

2. Performa

Dari segi performa, transmisi CVT menawarkan akselerasi yang lebih smooth dan responsif dibandingkan dengan transmisi AT. Perbedaan ini bisa dirasakan ketika mobil melaju dalam kecepatan rendah hingga menengah.

Sumber: