Anjuran Membersihkan CVT Motor Matic yang Tepat, Haruskah Pakai Cairan Khusus?

Anjuran Membersihkan CVT Motor Matic yang Tepat, Haruskah Pakai Cairan Khusus?

OTOMOTIF- Berikut ini cara membersihkan CVT motor matic.-(Pinterest)--

RADAR TEGAL - Hai, gaes! Pernahkah kamu merasakan sensasi tarikan motormu matic mendadak loyo? Atau ada suara aneh saat gas diputar? Nah, bisa jadi itu tandanya CVT motormu perlu dibersihkan!

Sebagai anak muda zaman now yang tidak mau ribet, tetapi tetap pengen motormu prima, tau gak sih cara membersihkan CVT motor matic yang tepat? Tenang aja, kami memberi tau nih anjurannya biar motormu kembali lincah di jalanan.

Yuk kita simak artikelnya, ulasannya telah kami rangkum disini. Jadi, simak sampai akhir yaa.

Kapan sih waktu yang tepat membersihkan CVT?

Sebelum bahas caranya, ada baiknya kita tau dulu kapan sih waktu yang tepat untuk membersihkan CVT motor matic. Idealnya, CVT perlu dibersihkan setiap 10.000 km sekali. Namun, kalau kamu sering bepergian di daerah yang macet atau berdebu, ada baiknya di bersihin lebih sering, yaitu setiap 5.000 km.

BACA JUGA: Kenalan Sama Spesifikasi Motor Listrik Benelli Dong, si Mungil yang Bakal Jadi Andalan

Ciri-ciri CVT motor matic yang kotor

Tarikan motor terasa loyo atau tidak bertenaga. Bayangkan kamu sedang ingin mendaki tanjakan, tetapi motormu seperti kehabisan tenaga. Rasanya bikin bete banget, kan?

Ada suara aneh saat gas diputar. Suara ini bisa berupa decitan, dengungan, atau suara kasar lainnya. Suara ini bisa mengganggu kenyamanan saat berkendara dan juga bisa menjadi tanda kerusakan pada komponen CVT.

Getaran motor terasa lebih kasar. Rasanya seperti ada yang tidak beres pada motormu, dan getaran ini bisa membuat tanganmu terasa pegal saat berkendara.

Motor matic slip saat digunakan. Ini adalah tanda yang paling parah bahwa CVT motormu perlu dibersihkan segera. Motor matic slip bisa membuat kamu kehilangan kontrol saat berkendara dan membahayakan keselamatanmu.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Motor Matic Terjangkau dan Irit 2024, Cocok Banget Buat Ngojol atau Sehari-hari

Langkah-langkah membersihkan CVT motor matic

1. Buka CVT

Sumber: