Pemkab Brebes Gandeng BRIN, Lakukan Riset dan Inovasi

Pemkab Brebes Gandeng BRIN, Lakukan Riset dan Inovasi

Pemkab Brebes Bekerjasama dengan BRIN dalam peningkatan inovasi dan riset di Brebes.(Istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes menggandeng Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk melakukan kerjasama dalam penelitian dan inovasi. Kerjasama itu diketahui usai keduanya melakuka Penandatanganan Nota Kesepakatan Sinergi (NKS) antara Pemkab Brebes dengan BRIN di Aula Lantai 3 Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) Brebes, Jumat 7 Juni 2024 lalu.

Penandatanganan NKS oleh Penjabat (Pj) Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar dengan Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Yopi. 

Dalam NKS itu, nantinya kedua belah pihak akan melakukan kajian kebijakan tata kelola, potensi pemerintahan pertanian dan UMKM. Yang nantinya, sebagai upaya untuk Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Brebes. Baik itu melalui penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan teknologi serta invensi dan inovasi yang terintegrasi di Kabupaten Brebes khususnya di wilayah Bumiayu dan sekitarnya. 

Pj Bupati Brebes Iwanuddin menjelaskan, di era globalisasi dan revolusi industri yang begitu cepat ini, inovasi bukan hanya menjadi kebutuhan. Melainkan sudah menjadi suatu keharusan. 

BACA JUGA: Pemkab Brebes Gelontorkan Alat dan Mesin Pertanian, Pj Bupati Bilang Begini

BACA JUGA: Pemkab Brebes Terima Penambahan 30.344.660 Kilogram Pupuk Bersubsidi

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Brebes berkomitmen untuk menjadikan inovasi dan teknologi sebagai pilar utama dalam pembangunan daerah. Salah satunya menggandeng BRIN.

“Nota kesepakatan ini adalah hasil dari komunikasi dan koordinasi yang mengintensifkan antara Pemkab Brebes dengan BRIN, yang melibatkan berbagai pihak di bagian tata kelola pemerintahan,” ucapnya usai penandatanganan NKS.

Dia menuturkan, ini merupakan momentum penting bagi semuanya. Khususnya bagi masyarakat Kabupaten Brebes dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat melalui penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan teknologi serta inovasi yang terintegrasi. 

Iwan menambahkan, Pemkab Brebes berkeyakinan bahwa sinergi antara pemerintah daerah dan BRIN akan membawa manfaat besar bagi masyarakat Brebes. Sinergi ini akan meningkatkan kualitas pelayanan publik, mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, serta memperkuat daya saing Kabupaten Brebes di tingkat nasional maupun internasional. 

BACA JUGA: Pemkab Brebes Gelar GPM untuk THL, Siapkan 400 Paket Sembako Murah

BACA JUGA: Pemkab Brebes Gelar 'Tarling', Ini Pesan Pj Bupati

Apalagi nasional dengan kerjasama ini bertujuan untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing pihak guna berkontribusi dalam pencapaian tujuan pembangunan. Pada hal ini, BRIN sebagai lembaga pemerintah yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan teknologi serta inovasi, memiliki peran yang sangat strategis. 

“Kami juga berharap, BRIN dapat memberikan dukungan penuh dalam bentuk pendampingan, bimbingan teknis, serta transfer pengetahuan dan teknologi yang diperlukan,” tukasnya.

Sumber: