Pemkot Tampilkan Tari Geyol Tegal di Karnaval Budaya Nusantara APEKSI Balikpapan

Pemkot Tampilkan Tari Geyol Tegal di Karnaval Budaya Nusantara APEKSI Balikpapan

Penampilan tari geyol Tegal dalam Karnaval Budaya Nusantara APEKSI 2024 Balikpapan--

BALIKPAPAN, radartegal.id – Pemerintah Kota (Pemkot) menampilkan tari geyol Tegal dalam Karnaval Budaya Nusantara di Balikpapan, Rabu 5 Juni 2024. Karnaval tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Asosiasi Pemerintah Seluruh Indonesia (APEKSI) 2024 yang berlangsung 2-6 Juni 2024. 

Adapun perwakilan Karnaval Budaya Nusantara terdiri dari Kepala OPD yang menjadi pendamping Penjabat Wali Kota Tegal, Dadang Somantri. Mereka mengenakan pakaian adat Tegal, dengan warna dominan hitam, memakai ikat kepala dan tapih batik.  

Rombongan dari Kota Tegal berada di urutan nomor 65 dari 69 peserta Karnaval Budaya Nusantara. Sebagai souvenir, Pemkot membagikan kotak teh celup kepada warga Kota Balikpapan yang menonton perhelatan yang digelar di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome Kota Balikpapan. 

Pada kesempatan itu, Ketua Dewan Pengurus APEKSI Eri Cahyadi, mengatakan budaya, seni dan adat di Indonesia ini berbeda-beda dan beragam. Itu, menunjukkan ketika berbeda, maka tetap ada satu kekuatan yang besar.

BACA JUGA: Asal Usul Tari Topeng Endel Tegal, Pesona Warisan Budaya Sakral yang Mengagumkan

BACA JUGA: Budaya Khas Tegal Punya Banyak Makna, Ini Dia Tari Kuntulan Tegalan

"Meski berbeda, itu akan menjadi kekuatan yang besar. Yakni kekeluargaan yang luar biasa,” ungkap Eri saat memberi sambutan ketika membuka Karnaval Budaya Nusantara.

Sementara itu, sebelum Karnaval Budaya Nusantara didahului dengan persembahan tarian daerah. Serta marching band oleh Pemkot Balikpapan. (*)

Sumber: