7 Mitos tentang Barong sang Makhluk Mitologi asal Bali, Penjaga Kebaikan Berwajah Seram

7 Mitos tentang Barong sang Makhluk Mitologi asal Bali, Penjaga Kebaikan Berwajah Seram

7 mitos tentang Barong asal Bali-freepik-

Radartegal.id – Ada sejumlah mitos tentang Barong yang merupakan makhluk mitologi asal Bali satu ini. Meski ia memiliki wajah yang menyeramkan, Barong merupakan penjaga kebaikan dan melindungi manusia dari hal-hal negatif.

Mitos tentang Barong asal Bali ini bahkan mungkin sudah populer di berbagai kalangan, termasuk wisatawan. Ceritanya cukup melegenda dan menjadikannya daya tarik tentang Pulau Dewata.

Bukan sekedar cerita, mitos tentang Barong asal Bali ini juga sering ada di pagelaran tarian di hari-hari tertentu umat Hindu. Biasanya tari Barong diadakan ketika ada hari raya suci di suatu pura.

Untuk selengkapnya, berikut 7 mitos tentang Barong sang makhluk mitologi asal Bali. Mulai dari asal-usulnya, dipercaya melawan kejahatan, dan lainnya.

BACA JUGA: Mitos Jembatan Jawa Bali Tidak Bisa Dibangun, Ada Legenda Suci yang Dikhawatirkan Muncul

BACA JUGA: 7 Mitologi di Indonesia yang Populer dan Sering Ada di Cerita Rakyat, Benarkah Ada?

7 Mitos tentang Barong asal Bali

Makhluk mitologi asal Bali satu ini sudah cukup terkenal mulai dari penggambaran visualnya sampai cerita-ceritanya. Berikut di antaranya.

1. Asal-usul Barong 

Diceritakan bahwa asal-usul Barong Bali ini merupakan makhluk gaib yang dilahirkan dari perpaduan antara dewa dan binatang. Barong dianggap sebagai penjaga kebaikan dan pelindung dari kejahatan.

2. Pertarungan dengan Rangda 

Legenda tentang Barong Bali ini tidak luput hubungannya dengan pertarungannya bersama Rangda, sosok jahat yang melambangkan kegelapan dan kejahatan. Barong sering terlibat dalam pertarungan sengit dengan Rangda. 

Pertarungan antara Barong dan Rangda menjadi simbol dari pertarungan antara kebaikan dan kejahatan. Hal ini juga sering dipentaskan dalam tari Barong oleh umat Hindu.

Sumber: