Ternyata Ini Asal Usul Nama Kelurahan Randugunting di Kota Tegal, Ada Hubungannya dengan Sunan Amangkurat II

Ternyata Ini Asal Usul Nama Kelurahan Randugunting di Kota Tegal, Ada Hubungannya dengan Sunan Amangkurat II

asal usul nama randugunting di Tegal --

Daerah ini mengapa dinamai Randugunting, karena di sebelah barat makam Kemuning terdapat dua pohon Randu yang tumbuh seperti Gunting.

Sebagian cerita rakyat mengatakan, asal usul nama Randugunting berkaitan dengan sebuah pohon randu yang besar dan berdaun dua. Pohon randu tersebut tumbuh di sebuah desa yang terletak di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. 

Pohon randu tersebut dipercaya sebagai tempat bersemayamnya arwah seorang pengikut setia Sunan Amangkurat II atau Adipati Anom, putra Amangkurat I raja Mataram. 

BACA JUGA: Banyak Yang Belum Tahu, Ternyata Ini Asal Usul Nama Gunung Slamet sebagai Atapnya Jawa Tengah

BACA JUGA: Asal Usul Tari Topeng Endel Tegal, Pesona Warisan Budaya Sakral yang Mengagumkan

Pengikut tersebut bernama Mbah Randu Gunting. Pada suatu hari, Mbah Randu Gunting sedang bertapa di bawah pohon randu tersebut. Ia sedang memohon kepada Tuhan agar diberi kekuatan untuk melawan musuh-musuh Sunan Amangkurat II.


--

Tuhan mengabulkan permohonan Mbah Randu Gunting. Ia diberi kekuatan yang luar biasa. Mbah Randu Gunting kemudian berhasil mengalahkan musuh-musuh Sunan Amangkurat II. 

Atas jasanya tersebut, Mbah Randu Gunting dihormati oleh penduduk desa. Mereka menyebutnya sebagai "Mbah Randu Gunting". Seiring berjalannya waktu, nama "Mbah Randu Gunting" berubah menjadi "Randugunting". Nama tersebut kemudian menjadi nama desa tersebut.

BACA JUGA: Asal-usul Desa Selapura di Tegal, Konon Dilarang Membangun Pondasi Rumah dengan Bahan Batu

BACA JUGA: Kisah Pangeran Purbaya Kalisoka Tegal yang Mendapatkan 3 Wasiat dari Walisongo, Ini Isinya

Kesimpulan

Meskipun banyak beredar kisah dan sejarah asal usul nama Randugunting di Tegal, namun desa ini merupakan kumpulan dari beberapa desa terdekat. Seperti kauman, kemandungan, dan krobogan dengan nama bekel daupan.

Jika kita melihat dari masyarakat, maka penamaan desa ini berkaitan dengan pohon randu dan nama pengikut amangkurat 1 sampai tumenggung martoloyo. Demikian informasi mengenai asal usul nama Randugunting di Tegal, semoga bermanfaat.

Sumber: