Legenda si Gringsing dan si Kasur di Tegal, Mitosnya Bisa Timbulkan Bencana Karena Usaha Keduanya Bertemu

Legenda si Gringsing dan si Kasur di Tegal, Mitosnya Bisa Timbulkan Bencana Karena Usaha Keduanya Bertemu

KALI GUNG- Legenda Si Gringsing dan Si Kasur--

RADAR TEGAL - Cerita rakyat selalu mewarnai kehidupan masyarakat di berbagai daerah Indonesia. Di daerah Tegal, ada legenda si Gringsing dan si Kasur sebagai mitos mengaitkan terjadinya bencana karena usaha mereka untuk bertemu.

Pada dasarnya, semua cerita rakyat yang melegenda memiliki nilai kebaikan seperti nilai moral, spiritual, pendidikan, sosial, dan lain sebagainya. Yuk simak salah satu kisah dari daerah Tegal yaitu legenda si Gringsing dan si Kasur.

Cerita ini selalu dikaitkan sebagai sebab bencana seperti gempa bumi, tanah longsor, banjir dan lain sebagainya bagi masyarakat kabupaten Tegal khususnya wilayah Bumi Jawa. Namun, apakah legenda si Gringsing dan si Kasur itu benar adanya atau hanya sebuah mitos yang masih berkembang hingga sekarang.

Sebenarnya cerita yang serupa juga ada namun terdapat perbedaan nama dan lokasi dari legenda tersebut. Mari simak legenda si Gringsing dan si Kasur, kemudian ambil makna positifnya untuk kehidupan.

BACA JUGA: Misteri dan Mitos Waduk Jatigede Sumedang, Konon Kerap Muncul Makhluk Misterius ke Permukaan Air

Kisah ini merupakan cerita yang populer di masyarakat Tegal. Khususnya di wilayah bumi Jawa seperti Bojong, Lebaksiu dan sekitarnya.

Legenda ini menceritakan tentang seorang suami istri yang bernama si Gringsing dan si Kasur. Mereka adalah pasangan suami istri yang harmonis, si Gringsing bekerja di Sawah sebagai petani.

Setiap hari ia menggarap sawah dan istrinya pun selalu mengantarkannya makanan. Sampai suatu hari istrinya tidak datang-datang, sedangkan si Gringsing sudah sangat lapar menunggu makanan yang dibawa istrinya.

Kemudian si Gringsing menemukan dua telur berukuran besar. Karena sudah sangat lapar si Gringsing membakar telur itu.

Dia memakannya tanpa memikirkan itu telur apa dan punya siapa. Telur itu lebih enak dari telur biasa. Saat baru menghabiskan setengah tetapi tiba-tiba badannya panas dan berubahlah dia menjadi ular.

BACA JUGA: Mitos Mandi Kembang 7 Rupa Pada Malam Jumat Bisa Menghilangkan Sial, Begini Faktanya

Kemudian istrinya datang. Namun dia tidak menjumpai suaminya.

Yang ada hanya sisa telur yang sudah matang karena terbakar. Si Kasur kaget dengan kemunculan ular yang berbicara bahwa ia adalah suaminya yang berubah jadi ular setelah makan telur itu. 

Karena kesetiaannya terhadap suami, si Kasur juga ikut memakan telur itu padahal sudah dilarang suaminya. Kejadian yang sama terjadi pada si Kasur yang merasa kepanasan kemudian masuk ke dalam air dan berubah jadi ular. 

Sumber: