Jangan Panik, Ini 5 Cara Mengamankan Data dari Pinjol agar Tidak Disalahgunakan

Jangan Panik, Ini 5 Cara Mengamankan Data dari Pinjol agar Tidak Disalahgunakan

Cara Mengamankan Data dari Pinjol--

radartegal.id - Data pribadi merupakan sesuatu hal yang sangat privasi dan biasanya sangat dijaga oleh pemiliknya. Dan berikut cara mengamankan data dari pinjol yang bisa kamu lakukan ketika akan meminjam uang di pinjol.

Cara mengamankan data dari pinjol ini bisa kamu lakukan agar data pribadi kamu tidak bocor. Karena sangat privasi, data pribadi bisa saja disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Saat ini, banyak orang yang menggunakan pinjaman online atau pinjol sebagai alternatif. Namun, masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara agar data pribadi bisa aman dari pinjaman online.

Karena kurangnya pengetahuan mengenai hal tersebut, akhirnya data pribadi nasabah disalahgunakan. Dan pastinya hal ini sangat merugikan nasabah karena datanya disebar atau disalahgunakan oleh oknum.

BACA JUGA: Tak Perlu Takut, Ini Cara Menghadapi DC Pinjol Sebar Data yang Pasti Ampuh dan Bikin DC Ketar-Ketir

BACA JUGA: Mudah dan Aman, Begini Caranya Supaya Pengajuan Pinjol Langung Cair Tanpa Ribet Disetujui

Cara mengamankan data dari pinjol 

 

1. Mengamankan Kontak

Cara yang pertama yaitu dengan mengamankan kontak di handphone agar tidak bisa diambil. Kamu bisa memindahkan nomor kontak di handphone lain untuk sementara agar lebih aman.

Atau kamu bisa juga menghapus beberapa kontak dan membiarkan kontak yang lain ada di handphone. Hal ini bertujuan agar pihak pinjol tidak mengetahui kontak yang kamu simpan.

2. Memakai Aplikasi yang Resmi atau Legal

Cara selanjutnya yaitu dengan memakai aplikasi pinjaman yang resmi atau legal dan sudah terdaftar di OJK. Jika kamu menggunakan aplikasi yang tidak resmi, maka bisa saja pihak lain bisa mengetahui data pribadi kamu.

Sumber: