Jangan Panik, Ini 5 Cara Mengamankan Data dari Pinjol agar Tidak Disalahgunakan

Jangan Panik, Ini 5 Cara Mengamankan Data dari Pinjol agar Tidak Disalahgunakan

Cara Mengamankan Data dari Pinjol--

Sekarang ini banyak sekali aplikasi pinjaman yang ilegal dan dari sumber yang tidak resmi. Jika menemui pinjaman yang seperti itu, maka kamu harus menghindarinya segera mungkin.

BACA JUGA: Berikut Adalah Korban Pinjol Ilegal yang Terbanyak, Harus Waspada Nih!

BACA JUGA: Dear Nasabah, Jangan Pernah Memblokir Nomor Whatsapp DC Lapangan Pinjol Setelah Galbay, Bisa Kaya Gini

3. Jangan Asal Memberikan Akses

Cara mengamankan data dari pinjol yang selanjutnya yaitu dengan jangan asal memberikan akses data. Sebelum memberikan akses data, kamu perlu mengetahui lebih lanjut kegunaan dari hal tersebut.

Jika kamu merasa permintaan akses data tersebut tidak perlu dilakukan atau tidak wajar, maka langsung tolak. Karena jika menerimanya, maka bisa saja data kamu dicuri oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

4. Menghapus Foto dan Video

Selanjutnya kamu bisa menghapus foto dan video yang ada di galeri atau penyimpanan lainnya. Foto dan video yang ada di galeri atau pengelola file ini bisa saja terdeteksi oleh pihak pinjol.

Karena itu, sebelum pengajuan, kamu bisa menghapusnya terlebih dahulu agar aman dan tidak disalahgunakan. Atau kamu juga bisa memindahkannya ke tempat yang lebih aman atau handphone lain.

BACA JUGA: 5 Alasan Hutang Pinjol Makin Sulit Dilunasi, Sering Banget Jadi Penyebab Gagal Bayar

BACA JUGA: Stop Pinjam dan Bayar Pinjol Sekarang! Netizen Sentil Pemerintah soal Makin Massifnya Iklan Pinjol

5. Menghapus Akun WhatsApp

 

Cara selanjutnya yaitu dengan menghapus akun WhatsApp untuk menghindari sebar data di grup. Pihak pinjol bisa saja membuat grup untuk menyebarkan data informasi kamu.

Sumber: