Diisukan Ada Pungutan Rp100 Juta, Seleksi Perangkat Desa Slawi Kulon Tegal Bebas Biaya

Diisukan Ada Pungutan Rp100 Juta, Seleksi Perangkat Desa Slawi Kulon Tegal Bebas Biaya

PELANTIKAN - Kepala Desa Slawi Kulon Hesti Puryanti melantik 2 orang menjadi perangkat desa setempat, Rabu, 5 Juni 2024. Dirinya membantah ada pungutan dalam seleksi perangkat desa.-Yeri Noveli-Radartegal.disway.id

SLAWI, radartegal.id - Sempat diisukan ada pungutan Rp100 juta, seleksi perangkat Desa Slawi Kulon Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal bebas biaya. Hal ini ditegaskan Kepala Desa Slawi Kulon Hesti Puryanti, usai melantik perangkat desanya di Pendapa Balai Desa setempat, Rabu, 5 Juni 2024.

Dia mengakui, sempat ada isu yang mengabarkan bahwa Kepala Desa Slawi Kulon memasang tarif Rp100 juta untuk seleksi perangkat desa. Padahal itu salah besar.

"Itu adalah fitnah dari orang yang tidak bertanggungjawab. Saya hanya bisa berharap Allah segera menyadarkan penyebar fitnah itu," ujarnya yang hari itu melantik 2 perangkat desa.

Hadir dalam pelantikan itu, unsur Forkopimcam Slawi, lembaga desa dan tokoh masyarakat Desa Slawi Kulon. 

BACA JUGA: Banyak Kasus Penggelapan PBB Oknum Perangkat Desa Berakhir di Meja Hijau, Bupati Bilang Begini

BACA JUGA: Potensi Bencana Kabupaten Tegal Tinggi, 42 Perangkat Desa Dilatih Kesiapsiagaan Penaggulanan Bencana

Menurut Hesti, dua orang yang dilantik ini awalnya mengikuti seleksi calon perangkat desa bersama 17 orang peserta lainnya. Hasil seleksi perangkat desa yang dilakukan oleh panitia mengerucut 4 orang. 

Dari 4 orang itu, terpilihlah Dimas Dwi Prasetyo yang langsung menjabat sebagai Kasi Kesejahteraan Rakyat dan Radian Indra Pradana yang menjabat sebagai Kaur Tata Usaha dan Umum Pemerintah Desa Slawi Kulon.

Menurutnya, seluruh lapisan masyarakat dapat mengawasi kinerja perangkat desa. Baik yang baru dilantik maupun yang sudah lama menjabat.

"Saya berharap Desa Slawi Kulon menjadi desa yang lebih baik dan lebih maju," tukasnya. 

BACA JUGA: Di Brebes Banyak Perangkat Desa Gunakan Uang Setoran PBB, Inspektorat Rekomendasikan Sanksi Tegas

BACA JUGA: Desa Mejagong Pemalang Buka Lowongan Perangkat Desa, Berikut Syarat dan Ketentuannya

Hesti menegaskan, seleksi perangkat desa ini dilakukan secara profesional dan normatif. Karena pihaknya menghendaki yang terpilih adalah putra-putri terbaik yang siap mengabdi di Desa Slawi Kulon.

Sumber: