Potensi Bencana Kabupaten Tegal Tinggi, 42 Perangkat Desa Dilatih Kesiapsiagaan Penaggulanan Bencana

Potensi Bencana Kabupaten Tegal Tinggi, 42 Perangkat Desa Dilatih Kesiapsiagaan Penaggulanan Bencana

Perangkat desa mengikuti pembekalan kesiapsiagaan bencana di Kabupaten Tegal.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Upaya membekali perangkat desa agar siap dalam melakukan penanggulangan bencana dilakukan BPBD Kabupaten Tegal. Sedikitnya aparatur desa yang ada di 42 desa dan 17 kecamatan dilibatkan dalam pelatihan kesiapsiagaan bencana tersebut.

Kalak BPBD Kabupaten Tegal Elliya Hidayah didampingi Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Widi Harsono menyatakan, pembekalan bagi aparatur desa kali ini dilakukan oleh BPBD Provinsi Jawa Tengah, Departemen Perencanaan wilayah kota Universitas Diponegoro Semarang, Dinas Permades , dan BPBD Kabupaten Tegal. 

"Diharapkan dari pembekalan ini dapat meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah desa dalam penanggulangan bencana," ujarnya Rabu 26 Juli 2023.

Beragam materi diberikan, seperti pengurangan risiko bencana berbasis komunitas, menuju desa tanggap bencana.

BACA JUGA:Korban Bencana Longsor di Bumijawa Terima Bantuan PMI Kabupaten Tegal

Pembangunan desa yang berkelanjutan, hingga kebijakan pengelolaan bencana di Kabupaten Tegal. 

"Sebenarnya masyarakat dan organisasi dapat melakukan penanggulangan bencana secara mandiri sebelum datangnya bantuan dari pihak pemerintah. Dengan diadakannya pelatihan ini untuk diketahui bahwa penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab semua pihak tidak hanya pemerintah daerah saja," cetusnya.

Menurutnya Kabupaten Tegal mempunyai potensi risiko bencana alam yang cukup tinggi. Sehingga semua orang mendapatkan hak perlindungan atas martabat, keselamatan, dan keamanan dari bencana.

Dan masyarakat dapat melakukan pertolongan, penyelamatan secara mandiri. 

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem, Polres Tegal Intensifkan Patroli Daerah Rawan Bencana

"Diharapkan kepada para aparatur desa yang berbeda-beda wilayah dapat memberikan warna dan berpartisipasi aktif dalam pelatihan ini. Semoga ilmu dan pengalaman yang didapatkan dapat ditularkan kepada masyarakat di wilayah kerjanya sebagai agen informasi penanggulangan bencana," ungkapnya. *

Sumber: