5 Mitos Minum Alkohol yang Masih Sering Keliru, Begini Kata Pakarnya

5 Mitos Minum Alkohol yang Masih Sering Keliru, Begini Kata Pakarnya

5 mitos tentang minum alkohol -freepik-

Meski terasa mengantuk, justru alkohol bisa menjadi ‘bumerang’ yang cukup fatal akibatnya. Mengapa? Sebab alkohol bisa menganggu kualitas tidur Anda dan siklus tidur REM.

BACA JUGA: 7 Mitos Seputar Anak Kembar yang Masih Berkembang di dalam Berbagai Budaya Daerah

Jadi tidak heran mengapa seseorang bisa tertidur lelap ketika mengonsumsi alkohol. Namun ketika bangun, kepalanya akan terasa begitu pusing dan adanya perasaan lelah.

3. Melancarkan Pencernaan dan Mengurangi Kram Perut

Fakta: rumor tentang meminum alkohol berikutnya ini justru bisa mengiritasi sistem pencernaan. Jika sudah bermasalah maka akan ada beberapa kendala seperti refluks asam dan gangguan pencernaan.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung 

Fakta : Mitos tentang minum alkohol selanjutnya konon bisa meningkatkan kesehatan jantung. Padahal, mengonsumsi alkohol berlebihan dan jangka panjang bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

BACA JUGA: 5 Mitos di Indonesia yang Dipercaya hingga Sekarang, Bisa Sulit Mendapatkan Jodoh dan Selalu Sial

Mulai dari hipertensi, aritmia, sampai adanya kerusakan otot jantung. Baik itu masih muda atau sudah berumur sekalipun, risiko ini bisa datang kepada siapa saja bagi pecandu alkohol.

5. Menghilangkan Stres dan Kecemasan

Fakta: alasan beberapa orang senang minum alkohol salah satunya bisa mengurangi rasa stres maupun kecemasan. Padahal, alkohol hanya bisa meringankan secara sementara.

Mengonsumsi alkohol berlebihan justru bisa membuat rasa cemas dan depresi semakin berlanjut. Akhirnya seseorang jadi ketergantungan dengan alkohol.

Penutup

Beberapa mitos seputar alkohol di atas merupakan yang sering terdengar dan dipercaya sejak lama. Meski terkadang alkohol bisa membuat rileks, namun tetap saja efeknya tidak bisa bertahan lama dan berisiko merusak kesehatan untuk jangka panjang.

Sumber: