6 Cara Hindari Penipuan Pinjol, Cek Ciri-cirinya di Sini Supaya Tidak Menjadi Korban

6 Cara Hindari Penipuan Pinjol, Cek Ciri-cirinya di Sini Supaya Tidak Menjadi Korban

6 Cara Hindari Penipuan Pinjol, Cek Ciri-cirinya Disini Supaya Tidak Menjadi Korban pict-istockphoto--

4. Informasi Pribadi Disalahgunakan

Keempat, cara hindari penipuan pinjol lainnya adalah dengan mengetahui apakah informasi pribadi kita disalahgunakan atau tidak. Kamu bisa segera hindari platform pinjol yang sudah kamu curigai akan menyalahgunakan data pribadi, misalnya jika sudah sampai meminta informasi yang sifatnya pribadi seperti nomer identitas atau PIN bank tanpa adanya kejelasan maksud dan tujuannya.

BACA JUGA: Pengajuan Pinjol Selalu Ditolak? Tak Perlu Cemas, Ini Solusinya

BACA JUGA: 3 Ciri-ciri Aplikasi Pinjol Resmi yang Tidak Terpercaya untuk Digunakan, Bukan Cuma Sekadar Suku Bunganya

5. Pinjaman Tanpa Adanya Proses Verifikasi

Kelima, cara hindari penipuan pinjol adalah melihat apakah ada proses verifikasi atau tidak. Dalam proses peminjaman pada pinjol akan adanya proses verifikasi guna mengkonfirmasi pinjaman, jika verifikasi ini tidak ada dan kamu langsung diberikan uang dengan nominal yang kamu ajukan artinya pinjol tersebut bisa terindikasi menipu.

6. Perincian Biaya yang Tidak Jelas

Keenam, cara hindari penipuan pinjol terakhir adalah dengan melihat ada atau tidaknya perincian biaya yang diberikan. Pada platform pinjol resmi pastinya punya rincian pembayaran yang harus dilunasi sesuai tenor beserta berapa bunga yang harus dibayarkan.

Namun berbeda dengan pinjol yang legalitasnya tidak jelas, mereka akan mengiming-imingi pinjaman dengan nominal besar namun bunga yang diberikan juga sangatlah tinggi dan tidak masuk diakal. Selain itu rincian biayanya tidak jelas dan terkesan seenaknya sendiri, itu bisa jadi contoh pinjol ilegal.

Nah itu dia tadi pembahasan mengenai 6 cara hindari penipuan pinjol, cek ciri-cirinya di sini supaya tidak menjadi korban. Semoga bermanfaat.

Sumber: