Sudah Lama Kosong, Desa Banjar Lor Brebes Gelar Pilkades PAW

Sudah Lama Kosong, Desa Banjar Lor Brebes Gelar Pilkades PAW

Desa Banjar Lor melaksanakan Pilkades PAW, hari ini.(Istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Sudah lama jambatan Kepala Desa (Kades) Banjar Lor, Kecamatan Banjarharjo kosong ditinggal oleh pejabat terdahulu yang meninggal dunia. Hari ini, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pergantian Antar Waktu (PAW) di desa tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Brebes Subagyo membenarkan terkait pelaksanaan Pilkades PAW di Desa Banjar Lor tersebut. Menurutnya, jabatan kades di desa tersebut kosong karena pejabat terdahulu meninggal dunia.

"Iya benar (ada Pilkades PAW) di Desa Banjar Lor, Kecamatan Banjarharjo," ujarnya, Minggu 2 Juni 2024.

Dia menerangkan, sedikitnya ada tiga calon yang ikut dalam Pilkades PAW di Desa Banjar Lor tersebut. Yakni, Momot Suhatmo, Wiryanto dan Wahudin Diantoro. 

BACA JUGA: Digelar Serentak, Wakil Ketua Komisi 1 Beri Catatan untuk Pilkades Brebes

BACA JUGA: 15 Desa di Brebes Gelar Pilkades PAW, 8 Diantaranya Sudah Terlaksana

"Dari tiga itu yang terpilih menjadi Kades dalam Pilkades PAW Desa Banjar Lor yakni Wahudin Diantoro dengan perilehan suara tiga puluh satu suara," jelasnya.

Diberitakan sebelumhya, sebanyak 15 desa di Kabupaten Brebes akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (Pilkades PAW). Bahkan 14 di antaranya sudah menggelar pelaksanaan Pilkades PAW. Yang terbaru yakni Desa Banjar Lor, Kecamatan Banjarharjo.

Dia berharap adanya Pilkades PAW ini bisa mengisi kekosongan jabatan kades sebelumnya. Sehingga, roda pemerintahan di Desa Banjar Lor, Kecamatan Banjarharjo bisa berjalan lebih maksimal.

"Semoga kades terpilih di Pilkades PAW ini bisa menjaga amanah yang telah didapatnya," ucapnya.

BACA JUGA: 4 Desa Laksanakan Pilkades PAW, 8 Lainnya Segera Menyusul

BACA JUGA: Sempat Gaduh, Pilkades PAW Banjarturi Kabupaten Tegal Dipastikan Bakal Seperti Ini

Sebelumnya, Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar resmi mengukuhkan perpanjangan massa jabatan dua tahun kepada 287 desa di Brebes. Pengukuhan dilakukan di Pendopo Brebes, Senin 27 Mei 2024 laku. Pengukuhan tersebut juga berlaku untuk Kades PAW.

Pj Bupati Brebes Iwanuddin menyampaikan ucapan selamat atas pengukuhan perpanjangan massa jabatan ke 287 kades. Dia menyampaikan, perpanjangan massa jabatan itu diharapkan bisa dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin.

Sumber: