Dihormati Sampai Sekarang, Begini Cerita Sosok Mbah Bangsri Sesepuh Desa Jatinegara Kabupaten Tegal

Dihormati Sampai Sekarang, Begini Cerita Sosok Mbah Bangsri Sesepuh Desa Jatinegara Kabupaten Tegal

sosok mba bangsri sesepuh desa jatinegara--

Warga setempat mempercayai barang-barang itu akan muncul kembali apabila ada masyarakat yang membutuhkan saat mereka menyelenggarakan hajatan. Hal ini sesuai ulasan mengenai hal ini yang dikutip dari Jurnal Tegal edisi 02/Th. Ke-I/1997.

Masyarakat setempat percaya, bagi warga penduduk yang ingin meminjam barang-barang tersebut, orang yang bersangkutan harus ‘meminta restu’ pada juru kunci sosok Mbah Bangsri. Baru kemudian barang-barang yang dibutuhkan itu muncul dan bisa dimanfaatkan oleh penduduk setempat.

“Ajaib tapi begitulah yang terjadi barang-barang milik Mbah Bangsri muncul,” ujar juru kunci.

Peristiwa itu terjadi beberapa tahun lampau. Sementara menurut sumber setempat, barang-barang milik Mbah Bangsri tidak lagi muncul untuk selama-lamanya.

Konon hal itu terjadi karena ada ulah salah satu penduduk yang jahil mengambil salah satu ‘barang pinjaman’ milih yang mbaureksa hingga akhirnya tak muncul lagi. Namun, kebenaran mengenai sosok Mbah Bangsri dengan perabotnya tentu belum dapat dipastikan.

BACA JUGA: Mitos Pemandian Air Panas Guci Tegal, Dipercaya Bisa Kabulkan Setiap Permintaan dan Sembuhkan Penyakit

BACA JUGA: Menyusuri Jejak Purbakala di Museum Semedo Tegal, Ternyata Isinya Sungguh Tak Terduga

Kesimpulan 

Desa Jatinegara dikenal dengan suasana pedesaan yang masih asri, pemandangan gunung yang indah. Dari kejauhan, daerah ini nampak berselimut halimun dan hamparan tegalan dengan kejernihan air yang mengalir.

Di tengah keunikan desa ini, penduduk setempat rupanya masih menghormati sosok Mbah Bangsri yang dahulu dikenal sebagai sesepuh Desa Jatinegara Kabupaten Tegal. Demikian informasi mengenai sosok Mbah Bangsri. Semoga bermanfaat. 

Sumber: