6 Makanan Khas Kota Tegal, Harga Murce Abis Gak Bikin Kantong Bolong

6 Makanan Khas Kota Tegal, Harga Murce Abis Gak Bikin Kantong Bolong

kuliner kota tegal--

Dan untuk pelengkapnya, kupat glabed juga sering dinikmati bersama dengan aneka sate yakni sate ayam, sate kerang, atau sate kikil.

3. Soto tauco

Untuk kamu pecinta soto, wajib coba soto tauco ini. Sototaucho ini dibuat dengan bumbu tauco. Tauco merupakan makanan fermentasi yang dibuat dengan biji kedelai yang sudah direbus, dihaluskan dan diaduk dengan tepung terigu kemudian difermentasi. Soto ini bisa kamu makan dengan lontong, dilengkapi juga dengan daging ayam dan tauge.

4. Sate Kambing Muda

Bagi pecinta sate kambing, Anda perlu  mencoba sate kambing muda yang sangat terkenal di kota Bahari ini, ya. Karena, satu kambing muda ala Tegal ini mempunyai ciri khas pemilihan kambing berusia di bawah lima bulan (balibul) atau bawah tiga bulan (batibul) sehingga dagingnya sangat empuk.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Jajanan Murah Khas Tegal yang Menggoyang Lidah, Harga Mulai Seribu Rupiah

BACA JUGA: Pilihan Kuliner Khas Tegal dengan Cita Rasa Enak, Kelezatannya Dijamin Bikin Kamu Nagih

5.  Rujak Teplak

Kuliner selanjutnya yakni rujak teplak yang menawarkan aneka  sayuran seperti; kangkung, daun ubi jalar, daun pepaya, daun singkong, tauge, jantung pisang, hingga timun rebus. Beranekan ragam sayuran tersebut kemudian akan disajikan dengan bumbu yang terbuat dari singkong yang direbus dan dihaluskan. Kemudian, dicampur dengan bumbu dan air yang tampilannya mirip seperti bumbu pecel. 

6. Glotak

Glotak itu memiliki rasa yang lezat, meski sekarang banyak yang tidak tahu mengenai kuliner khas Tegal yang satu ini. Bahan dasar pembuatannya Glotak itu ialah gembus, yakni bahan semacam oncom yang dimasak dengan berbagai macam bumbu.  

Makanan dengan bahan utama gembus ini disebut glotak karena pada saat proses pemasakannya menimbulkan suara glotak-glotak, yang timbul dari tulang ayam yang bergesekan dengan panci pada saat diaduk. 

BACA JUGA: 7 Kuliner Tegal Wajib Dicoba, dari Sate Kambing Muda yang Menggoda hingga Es Lontrong yang Segar

BACA JUGA: Tahu Aci Khas Tegal, Makanan dengan Sensasi Gurih Renyah Cita Rasa Kuliner Tegal

Sumber: