Mitos Tradisi Kuda Renggong, Bukan Hanya Pertunjukkan Seni Namun Punya Kaitan Hal-hal Mistis

Mitos Tradisi Kuda Renggong, Bukan Hanya Pertunjukkan Seni Namun Punya Kaitan Hal-hal Mistis

Mitos Tradisi Kuda Renggong, Bukan Hanya Pertunjukkan Seni Namun Punya Kaitan dengan Roh-roh Halus pict-ss youtube Krisna Euy--

radartegal.id - Mengenal banyak tradisi di Indonesia memang sangatlah banyak dan harus selalu kita banggakan serta lestarikan supaya tidak punah, salah satu tradisi di Indonesia ada pertunjukkan seni yang dibangakan oleh masing-masing daerah. Pada artikel kali ini kami akan membahas salah satu tradisi dari di Indonesia, ini dia mitos tradisi Kuda Renggong.

Tradisi kuda Renggong berasal dari Jawa Barat yang dipertunjukkan sebagai kekayaan seni di Indonesia, pertunjukkan ini konon melibatkan hal-hal gaib di dalamnya. Berikut adalah pembahasan terkait mitos tradisi Kuda Renggong.

Walaupun berhubungan dengann hal gaib, namun pertunjukkan dari tradisi ini ramai orang yang menonton. Yuk kita ulas lebih banyak tentang mitos tradisi Kuda Renggong pada artikel di bawah ini.

Tak usah berlama-lama lagi, mari kita simak bareng artikel dari radar tegal yang akan membahas mitos tradisi Kuda Renggong. Bukan hanya pertunjukkan seni semata namun punya kaitan dengan roh-roh halus.

BACA JUGA:4 Makna Penting dalam Tradisi Moci di Tegal, Bukan Sekedar Minum Teh saat Bersantai

Mitos tradisi Kuda Renggong

1. Sebagai ritual keharuman

Pertama, mitos tradisi Kuda Renggong yang akan kami informasikan kepada Anda adalah sebagai ritual keharuman. Konon sebelum pertunjukan ini dimulai, sebelumnya akan dilakukan ritual khusus dengan tujuan untuk mengharumkan kuda sekaligus memberikan perlindungan spiritual.

Adanya ritual ini dipercaya dapat membuat kuda merasa nyaman dan terlindungi dari gangguan roh jahat atau gaib.

2. Roh halus yang merasuki

Kedua, mitos tradisi Kuda Renggong yang akan kami informasikan kepada Anda selanjutnya adalah adanya roh halus yang merasuki. Konon ada kepercayaan bahwa selama pertunjukan, kuda-kuda yang menari telah dirasuki oleh roh halus atau entitas spiritual.

Hal ini juga diyakini akan memberikan kekuatan tersendiri sekaligus memberikan kelebihan khusus kepada kuda tersebut, sehingga mereka dapat melakukan gerakan yang sulit dan indah untuk dipertunjukkan.

3. Keberkahan pertanian

Ketiga, mitos tradisi Kuda Renggong yang akan kami informasikan kepada Anda berikutnya adalah tentang keberkahan pertanian. Konon Kuda Renggong memiliki keterkaitan dengan kesuburan dan kesuksesan dalam hal pertanian.

Sumber: