5 Mitos Seputar Gerhana Bulan yang Banyak Dipercaya, Ada yang Masih Percaya??

5 Mitos Seputar Gerhana Bulan yang Banyak Dipercaya, Ada yang Masih Percaya??

5 mitos seputar gerhana bulan -freepik-

Namun bukannya ke arah yang seram, di beberapa cerita disebutkan bahwa dewa cinta mencuri bulan demi mengejar kekasihnya. Namun, ada juga yang menganggap bahwa gerhana bulan jadi tanda bahwa bulan sedang ‘dimakan’ oleh makhluk gaib.

3. Makhluk Menakutkan 

Mitos seputar gerhana bulan lainnya yaitu dianggap sebagai waktu saat sejumlah makhluk menakutkan keluar atau berkeliaran. Di beberapa tempat, orang percaya bahwa gerhana bulan jadi momen berkeliarannya serigala manusia, vampir, atau setan yang aktif selama gerhana.

4. Perayaan Spiritual 

Kepercayaan tentang gerhana bulan berikutnya sering dikaitkan dengan perayaan spiritual. Gerhana ini dianggap jadi waktu paling tepat untuk melakukan upacara atau kegiatan spiritual.

Mulai dari meditasi, doa, atau ritual lainnya yang memang tujuannya untuk memanfaatkan energi atau kekuatan khusus yang diyakini terjadi selama gerhana. Hal ini sering dilakukan di beberapa tempat dan penduduk tertentu yang meyakininya.

BACA JUGA : Misteri Orang Bati dari Pulau Seram, Antara Mitos dan Kenyataan

5. Pemurnian dan Perubahan 

Tidak hanya yang mistis, namun gerhana bulan juga dipercaya jadi momen yang cocok untuk melakukan pemurnian jiwa. Misalnya dengan melakukan atau mencari perubahan positif dalam hidup.

Gerhana bulan dipercaya jadi waktu yang terbaik dalam melepaskan sejumlah hal negatif. Selain itu, gerhana bulan juga jadi waktu yang tepat untuk memulai hal baru.

Penutup

Beberapa mitos seputar gerhana bulan di atas masih dipercaya di beberapa tempat oleh penduduk tertentu. Mulai dari jadi momen yang menarik hal-hal spiritual sampai dijadikan momen dalam melepas hal-hal negatif dalam diri.

Mitos-mitos gerhana bulan menggambarkan berbagai pandangan dan kepercayaan yang ada di seluruh dunia tentang alam semesta. Meskipun mitos-mitos tadi mungkin tidak memiliki dasar ilmiah, beberapa orang tetap menjadikannya sebagai bagian penting dari warisan budaya dan spiritual banyak masyarakat. 

BACA JUGA : Mitos tentang Kucing Hitam di Beberapa Negara, dari Pertanda Buruk hingga Keberuntungan

Sumber: