Pakai Standar MTQ, Kepala Kemenag Kota Tegal Uji Hafalan Alquran Siswa SMP Mutu

Pakai Standar MTQ, Kepala Kemenag Kota Tegal Uji Hafalan Alquran Siswa SMP Mutu

UJI HAFALAN– Kepala Kantor Kemenag Kota Tegal uji hafalan Alquran siswa SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal, Kamis, 30 Mei 2024.-K. Anam Syahmadani-Radartegal.disway.id

TEGAL, radartegal.id - Menggunakan standar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tegal H Ahmad Mundzir SAg MM dan Tim Penguji dari Jamiyyatul Qurra wal Huffazh (JQH) uji hafalan Alquran siswa SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal (SMP Mutu), Kamis, 30 Mei 2024.

Uji hafalan Alquran (Ujian Tahfidz) yang diadakan SMP Mutu mendapat apresiasi dari H Ahmad Mundzir SAg MM. Ujian Tahfidz dengan standar MTQ ini menekankan tidak hanya hafalan. 

Namun juga tajwidnya. Apabila selama ini yang pro aktif sekolah swasta, Mundzir berharap dapat diikuti sekolah negeri.

“Sekolah negeri kami harapkan memasyarakatkan Alquran untuk menjadi program prioritas di sekolahnya masing-masing,” ucap Mundzir.

BACA JUGA: 10 Santri Pondok Pesantren Subulus Salam Ikuti Tasmi Kubro dan Wisuda Dauroh Tahfidz 30 Juz

BACA JUGA: Antisipasi Game Online Merajalela, Pemuda Desa di Kabupaten Tegal Mendirikan Rumah Tahfidz

Uji hafalan Alquran tersebut diikuti siswa Kelas IX di aula sekolah, Jalan Perintis Kemerdekaan. Ujian Tahfidz dengan menggandeng Kantor Kemenag Kota Tegal merupakan tindak lanjut kerja sama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tegal dan Kantor Kemenag Kota Tegal. 

SMP Mutu yang merupakan binaan Disdikbud Kota Tegal kini memenuhi syarat menyelenggarakan ujian dengan penguji dari Tim Kantor Kemenag Kota Tegal. 

“Ujian Tahfidz ini menjadi asesmen, parameter, apa yang sudah dipelajari siswa di sekolah. Kami berharap halafan Alquran siswa terus terjaga. Selain itu, siswa tidak hanya memahami Alquran, namun juga mampu mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Kepala SMP Mutu Solikhin SPd MSi usai acara pembukaan Ujian Tahfidz. 

Ketua Panitia Ujian Tahfidz SMP Mutu Zaki Khotibul Umam SAg menyampaikan, sebelumnya, SMP Mutu mengadakan Simulasi Ujian Tahfidz untuk mengetahui kelayakan siswa sebelum diuji oleh penguji eksternal. Setelah mengikuti uji hafalan Alquran ini, siswa mendapatkan sertifikat yang diharapkan menjadi poin plus saat mereka akan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. 

BACA JUGA: Sekda Joko Resmikan Pembangunan Rumah Tahfidz Quran Pegirikan

BACA JUGA: Ini Sosok Gadis 19 Tahun yang Bisa Luluhkan Ustaz Abdul Somad, Ternyata Seorang Tahfidz Alquran

Kelas Tahfidz sendiri merupakan kelas unggulan SMP Mutu yang masih membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 Gelombang II. Selain Kelas Unggulan Kelas Tahfidz, ada juga Kelas IT yang menawarkan beasiswa untuk calon siswa tidak mampu dan calon siswa berprestasi. 

Sumber: