Angka Kemiskinan 3 Daerah di Jawa Tengah Perlu Perhatian, Nana Sudjana: Ini Jadi Pekerjaan Rumah

Angka Kemiskinan 3 Daerah di Jawa Tengah Perlu Perhatian, Nana Sudjana: Ini Jadi Pekerjaan Rumah

REMBUG- Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana menyinggung angka kemiskinan di Jawa Tengah dalam Rembug Pembangunan Jateng di Taman Balekambang, Kota Surakarta pada Kamis, 30 Mei 2024. -Istimewa-Radartegal.disway.id

SURAKARTA, radartegal.id - Angka kemiskinan 3 daerah di Jawa Tengah perlu mendapat perhatian serius. Hal ini terungkap saat Rembug Pembangunan Jateng di Taman Balekambang, Kota Surakarta pada Kamis, 30 Mei 2024. Secara garis beras, angka kemiskinan di Jawa Tengah masih tinggi.

Beberapa daerah yang angka kemiskinannya masih perlu menjadi perhatian meliputi Kebumen, Sragen dan Klaten. Sebab, rata-rata angka kemiskinan Kebumen 16,34%, Sragen 12,87% dan Klaten 12,28%

"Kita harus melakukan langkah-langkah atau inovasi," ungkap Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana dalam kegiatan tersebut.

Nana pun meminta kepada pemerintah kabupaten/kota di wilayahnya agar fokus terhadap pengentasan kemiskinan di Jawa Tengah.

BACA JUGA: Tahun Ini, Angka Kemiskinan Ekstrem di Kabupaten Tegal Berkurang Jadi 0,24 Persen

BACA JUGA: Angka Kemiskinan Ekstrem Kabupaten Tegal 0,73 Persen, Pemkab Optimalkan Dana CSR

"Saya minta ini jadi pekerjaan rumah (PR) bagi kita semua. Bahwa kemiskinan di Jateng masih tinggi,” kata Nana saat memberikan penekanan pada kegiatan tersebut.

Terkait angka kemiskinan Jawa Tengah yang masih tinggi, Nana merasakan, saat ini wilayahnya tengah menjadi idola investor untuk berinvestasi. Sejumlah investor melakukan relokasi pabrik dari Jabodetabek dan menyasar Jateng. 

Relokasi itu, lanjutnya, harus diimbangi dengan kesiapan tenaga kerja Jateng. Maka, Jateng sekarang menggenjot pendidikan vokasi.

Berdasarkan catatan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jateng, capaian realisasi investasi triwulan 1 2024 di Jateng mencapai Rp15,167 triliun, meningkat 19 persen dibandingkan periode sama 2023. Dengan kinerja ini, mampu mengentaskan pengangguran ke dunia kerja mencapai 78.204 orang.

BACA JUGA: Angka Kemiskinan Turun, Kabupaten Tegal Terendah ke-8 dari 35 Daerah di Jawa Tengah

BACA JUGA: Turun Menjadi 7,3 Persen, Angka Kemiskinan Kabupaten Tegal Berkurang 0,6 Persen di Tahun 2023

Sumber: