Berbentuk Seperti Kastil, Ternyata Dulunya Gedung Lanal Tegal Merupakan Bangunan Bank

Berbentuk Seperti Kastil, Ternyata Dulunya Gedung Lanal Tegal Merupakan Bangunan Bank

sejarah berdirinya gedung lanal tegal--

Saat itu daerah Tegal terkenal dengan industri gula dan perkebunannya yang menggeliat, beberapa pabrik gula didirikan seperti Pangkah, Pagongan, Kemanglen, Dukuhwringin, Adiwerna, dll.

Pesatnya Tegal memungkinkan kawasan ini oleh pemerintah kolonial dijadikan sebagai gementee (setingkat kotapraja) tahun 1906, berdasarkan Staatsblad No 123, tertanggal 1 April 1906.

BACA JUGA: Ada yang Sudah Berumur 200 Tahun, Ini 4 Masjid Bersejarah di Tegal yang Masih Digunakan sampai Sekarang

 

Gedung Bank ini didirikan pada tahun 1914 yang dibangun di Jalan Proklamasi depan Kantor Pos dan dekat dengan rumah Residen saat itu.

Bangunan Bank yang berada di pusat kota ini memiliki arsitektur unik menyerupai Kastil klasik eropa dengan bentuk atap kerucutnya.

Tipe klasik Eropa pada bangunan ini ada pada bagian pintu masuk yang diatasnya menyerupai bangunan kastil Eropa dan menyesuaikan dengan kondisi lingkungan tropis.

Pasca kemerdekaan berpindah fungsi

Pasca kemerdekaan bangunan ini berpindah ke TNI Angkatan Laut dan digunakan sebagai Markas Komando ALRI Tegal.

BACA JUGA: Berdiri Sejak Tahun 1931, Begini Sejarah Berdirinya Bangunan Waterleideng Tegal

Pernah digunakan sebagai kantor PT Yala Gita dan Gedung Sional dan sekarang dipakai Markas Komando Angkatan Laut atau Lanal Tegal. 

 

Pada tahun 1960 gedung ini mulai dipakai Markas Komando Angkatan Laut Tegal sampai sekarang. Terkait dengan perkembangan AL, Kota Tegal merupakan cikal bakal kelahiran Korps Marinir TNI Angkatan Laut lahir pada 15 November 1945.

Ini seperti yang tercantum dalam Pangkalan IV ALRI Tegal nama Corps Mariniers. Status lembaga TNI AL di Tegal mengalami beberapa perubahan, mulai dari Detasemen AL (Denal), Landasan TNI AL (Lanal), dan Stasion AL (Sional).

Sumber: