51 Panwascam Kabupaten Brebes Dilantik, 17 Wajah Baru

51 Panwascam Kabupaten Brebes Dilantik, 17 Wajah Baru

Sebanyak 51 anggota Panwascam dilantik kemarin di Islamic Center Brebes.(istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Sebanyak 51 Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Brebes dilantik Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Dari 51 Panwascam yang dilantik 17 di antaranya merupakan wajah baru sedangkan sisanya orang lama.

 

Pelantikan 51 Panwascam Kabupaten Brebes sendiri lakukan di Aula Islamic Center, kemarin. Pelantikan dipimpin langsung oleh Kepala Bawaslu Kabupaten Brebes Trio Pahlevi.

 

 

Menurutnya, usai dilantik diharapkan Panwascam Kabupaten Brebes harus bisa segera bekerja sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan. Mereka diharapkan dapat bisa segera bekerja dalam menyesuaikan tahapan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah serta Bupati dan Wakil Bupati Brebes 2024.

 

"Mudah-mudahan segera melakukan kerja sesuai tahapan. Kita akan menghadapi Pilgub dan Pilkada 2024. Namun, ada beberapa proses tahapan yang harus dilalui oleh Bawaslu dan Panwascam," ujarnya.

 

BACA JUGA: Dilantik, 12 Anggota Panwascam Pilkada Serentak 2024 Kota Tegal Diminta Mulai dari Nol

 

BACA JUGA: Perempuan Hamil Lolos Rekrutmen Calon Anggota Panwascam, OKP di Tegal Minta Nilai Seleksi Dipublish

 

Dijelaskannya, pelantikan Panwascam Kabupaten Brebes tersebut, berdasarkan Keputusan Ketua Bawaslu Brebes Nomor: 1108/HK.01.01/JT-06/05/2024 tentang Penetapan Anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Kabupaten brebes untuk Pemilu Serentak 2024.

 

“Usai dilantik, ke lima puluh satu Panwascam ini harus dapat menyesuaikan setiap tahapan Pilkada nanti. Dan dalam waktu dekat adalah melakukan pemutakhiran data pemilih, penetapan daftar pemilih sementara dan daftar pemilih tetap,” jelasnya. 

 

Seperti diketahui dari 51 Panwascam Kabupaten Brebes yang baru dilantik, kata dia, 17 diantaranya merapikan muka baru. Belasan Panwascam itu merupakan orang pilihan setelah mengikuti tahapan seleksi.

 

“Ke 17 peserta di antaranya merupakan hasil perekrutan baru yang lolos seleksi. Sedangkan 34 orang di antaranya merupakan peserta existing yang memenuhi syarat berdasarkan penilaian hasil evaluasi kinerja,” terangnya.

 

BACA JUGA: OKP Kepo Soal Mekanisme Rekrutmen Panwascam di Kota Tegal, Bawaslu: Kirim Surat Permohonan Lagi

 

BACA JUGA: Dzikir Bersama, Anggota DPRD Berharap Pilkada Brebes 2024 Berjalan Aman

 

Dia menambahkan, jumlah Panwascam Kabupaten Brebes yang dilantik totalnya sama dengan saat Pemilu 2024 Februari kemarin. Total jumlahnya mencapai 51 satu orang.

 

"Kalau untuk pendaftar Panwascam pada Pilkada nanti total mencapai 120an orang yang mendaftar. Total yang diterima 51 orang," tukasnya.

 

Semua 17 anggota Panwascam Kabupaten Brebes yang dilantik merupakan hasil dari seleksi yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Termasuk yang 34 anggota lainnya, merupakan hasil evaluasi.

 

"Tujuh belas anggota Panwascam yang baru merupakan hasil seleksi yang kita lakukan. Jadi kita harap bisa berkerja dengan baik dan maksimal," tukasnya.

 

BACA JUGA: Dua Anak Mantan Bupati Ikut Penjaringan Pilkada Brebes, Siapa yang Bakal Unggul?

 

BACA JUGA: Terkini! Satu Nama Bakal Calon Sudah Konsultasi Maju Lewat Jalur Independen di Pilkada Brebes

 

Pahlevi kembali menegaskan kepada anggota Panwascam untuk tetap menjaga integritas dalam bertugas. Dengan harapan semua tahapan Pilkada nanti bisa berjalan dengan baik.

 

"Tidak bosan saya ingatkan kepada anggota Panwascam untuk tetap jaga integritas dalam bertugas. Sehingga tahapan Pilkada bisa berjalan dengan baik dan juga lancar," lanjutnya.

 

Perwakilan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Wahyudi Sutrisno, yang turut hadir memberikan ucapan selamat kepada para anggota Panwascam Kabupaten Brebes yang baru saja dilantik. Dia menekankan pentingnya kualitas dan kesiapan dalam menjalankan tugas pengawasan.

 

"Hari ini sudah mulai kerja. Tidak ada uji coba. Tidak ada waktu untuk santai. Jadilah panwascam yang berkualitas dan berintegritas untuk Pilgub dan Pilkada serentak 27 November 2024 mendatang," tegasnya. 

 

Penjabat Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar yang diwakili Plh Kepala Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Brebes Mochammad Reza Prisman, berharap dengan pelantikan ini, pengawasan pemilu akan berjalan lebih efektif. Serta dapat memastikan kelancaran serta keadilan dalam pelaksanaan Pilgub dan Pilkada bulan November mendatang.

 

"Semoga Panwascam yang baru dilantik ini bisa menjaga integritas mereka dalam menjalankan tugasnya," ucapnya. 

 

Diingatkannya, Bawaslu Brebes yang memiliki tugas pengawasan ini memerlukan komitmen dan integritas tinggi untuk menjaga demokrasi yang sehat dan transparan.

Sumber: