Dua Anak Mantan Bupati Ikut Penjaringan Pilkada Brebes, Siapa yang Bakal Unggul?

Dua Anak Mantan Bupati Ikut Penjaringan Pilkada Brebes, Siapa yang Bakal Unggul?

Anak mantan Bupati Brebes (kanan) saat mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Kepala Daerah (Balonkada) di Pilkada Brebes 2024 ini.(Istimewa)--

RADAR TEGAL - Sedikitnya ada dua anak mantan Bupati Brebes yang mendaftar dalam penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah (Pilkada) Brebes 2024 ini. Pertama, anak mantan Bupati Indra Kusuma yaitu Paramitha Widya Kusuma dan seorang pilot bernama Djarot Harnanto, anak dari Kolonel Syafrul Sapardi, bupati periode 1979- 1989.

Sebelumnya, Paramitha Widya Kusuma sudah mendaftar di beberapa partai politik (parpol) yang membuka penjaringan. Kali ini, Djarot Harnanto mendatangi Kantor Partai Nasdem, Gerindra, Demokrat, PKB dan PAN untuk mengambil formulir pendaftaran bakal calon Bupati Brebes. 

Djarot mengaku, saat ayahnya menjabat sebagai bupati Brebes dua periode tahun 1979 sampai 1989, dirinya pernah hidup 10 tahun di Brebes. Hal itu yang menjadi alasan dia mendaftar bakal calon bupati di Brebes. 

"Berawal dari karena saya pernah besar hidup di Brebes kurang lebih sepuluh tahun. Saya punya ikatan emosional dengan Brebes," ungkapnya.

BACA JUGA: Terkini! Satu Nama Bakal Calon Sudah Konsultasi Maju Lewat Jalur Independen di Pilkada Brebes

"Tahun 1988 saya meninggalkan Brebes, kemudian saya kembali ke Brebes lima tahun yang lalu sampai sekarang lumayan rutin ke Brebes," tambahnya. 

Dia menyampaikan, sejak kurun waktu 1988 hingga sekarang, Brebes masih tetap sama atau tidak ada perkembangan signifikan. Kondisi ini membuat ia merasa prihatin.

"Berangkat dari keprihatinan saya, mendaftarkan diri mencoba untuk ikut dalam kontestasi Pemilihan Bupati Brebes," terangnya.

Dia menuturkan, ada beberapa hal yang harus dibenahi di Brebes. Terutama terkait dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

BACA JUGA: Maju Perorangan di Pilkada Brebes, Ini Syarat yang Perlu dilengkapi

"Indeks Pembangunan Manusia menjadi titik utama untuk pembangunan Kabupaten Brebes," pungkasnya.

Ketua Deks Pilkada DPC PKB Brebes Ahmad Soleh mengatakan, Senin 13 Mei 2024, baru dibuka secara resmi pendaftaran desk Pilkada Kabupaten Brebes.

"Sebelum dibuka secara resmi, sudah banyak tokoh-tokoh yang mengambil formulir pendaftaran. Artinya PKB ini banyak diminati," pungkasnya. 

Sebelumnya diberitakan, anak mantan Bupati Brebes periode 2002-2007 dan 2007-2010 Indra Kusuma, Paramitha Widya Kusuma maju dalam Pilkada Brebes 2024. Mitha, yang juga anggota DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan mengambil formulir bakal calon bupati (Bacabup) 2024-2029 di 6 partai parpol.

Sumber: