Apakah Motor Keyless Aman dan Gak Bisa Dicuri Maling? Begini Penjelasan Versi sang Ahli Kunci

Apakah Motor Keyless Aman dan Gak Bisa Dicuri Maling? Begini Penjelasan Versi sang Ahli Kunci

KUNCI MOTOR - Apakah motor keyless aman di gunakan dan terhindar dari maling dan begal di jalan?-(Foto: Istimewa)-

"Jadi, untuk mesin bisa hidup, keyless harus berkomunikasi secara wireless dengan SCU, dari SCU ke ECU, lalu ECU ke mesin. Secara sistem, keyless memang lebih aman dibandingkan kunci biasa. Tapi sebenarnya ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat motor lebih rentan dicuri," kata Bang Ian.

BACA JUGA: 4 Tips Perawatan Motor Injeksi dengan Baik, Lakukan Secara Rutin Agar Motor Nyaman Dipakai

Misalnya, orang sering lupa naruh keyless di konsol box dan meninggalkannya setelah mematikan motor. Atau kalau maling memperhatikan, dan keyless masih berada dalam jangkauan sinyal (sekitar satu atau dua meter), motor bisa dicuri.

"Apa yang terjadi kalau kita dibegal dan motornya diambil? Apakah motor langsung mati?" tanya Faisal ke Bang Ian.

"Sistem keyless, baik pada motor atau mobil, berfungsi sebagai startup aja. Jadi kalau motor sudah hidup, tetap bisa jalan meski remote keyless jatuh. Yang penting jangan dimatikan, karena kalau dimatikan nggak bisa dinyalakan lagi tanpa remote. Namun, motor akan memberi tanda, misalnya logo kunci berkedip, menunjukkan remote tidak berada di area." ujar Bang Ian.

BACA JUGA: Tips Penting dan Aman untuk Pengguna Honda PCX 160 2023, Agar Kondisi Tetap Prima Begini Penjelasannya

Tips aman

"Ada tips nggak biar motor keyless lebih aman dari maling?" tegas Faisal bertanya ke Bang Ian

Menanggapi kekhawatiran ini, Bang Ian memberikan beberapa tips praktis untuk meningkatkan keamanan motor keyless. Salah satunya adalah selalu memastikan posisi keyless dalam keadaan off (merah) saat meninggalkan motor.

Pengguna juga disarankan untuk melindungi remote keyless dengan pelindung khusus agar tidak mudah rusak atau terkena air. 

"Untuk keamanan, pastikan saat meninggalkan motor, posisikan keyless ke warna merah (off) dan bukan hijau (on). Selain itu, untuk menjaga remote agar tidak cepat rusak, bisa gunakan pelindung seperti kondom remote supaya tidak mudah jatuh atau terkena air." ucap Bang Ian.

BACA JUGA: 5 Motor Paling Irit Bahan Bakar, Juaranya Honda BeAT yang Seliternya Bisa Tempuh 60,6 Kilometer

 

Dengan langkah-langkah sederhana ini, pengguna dapat memaksimalkan keamanan dan ketahanan teknologi keyless pada motor yang menggunakan kunci seperti ini.

Sumber: