Apakah Motor Keyless Aman dan Gak Bisa Dicuri Maling? Begini Penjelasan Versi sang Ahli Kunci

Apakah Motor Keyless Aman dan Gak Bisa Dicuri Maling? Begini Penjelasan Versi sang Ahli Kunci

KUNCI MOTOR - Apakah motor keyless aman di gunakan dan terhindar dari maling dan begal di jalan?-(Foto: Istimewa)-

radartegal.id - Apakah motor keyless aman? Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak motor matic dan jenis motor lainnya kini dilengkapi dengan fitur keyless. Fitur ini diyakini memberikan tingkat keamanan lebih tinggi dibandingkan sistem kunci konvensional. 

Namun, seberapa aman sebenarnya teknologi keyless ini dalam menghadapi ancaman pencurian? Untuk menjawab pertanyaan ini, menurut Bang Ian, pemilik Tian Kunci, sebuah bengkel spesialis duplikat kunci yang berpengalaman menangani berbagai jenis kunci, mulai dari mobil klasik hingga remote keyless terbaru.

Menurut Bang Ian, motor dengan sistem keyless memang memiliki keunggulan dalam hal keamanan. Keyless bawaan pabrik dilengkapi dengan sistem yang harus sinkron dengan ECU (Engine Control Unit). 

BACA JUGA: Tips Perawatan Busi Motor, Jangan Diabaikan Agar Motor Tidak Mogok di Jalan

Sistem ini bekerja dengan cara memutus aliran antara pengapian dan injeksi bahan bakar jika ada upaya pencurian, sehingga meskipun motor berhasil dibobol, tetap tidak bisa dinyalakan tanpa remote asli. 

Hal ini membuat keyless bawaan pabrik lebih unggul dibandingkan dengan keyless variasi yang seringkali hanya mengandalkan sistem SCU sederhana. Berikut penjelasannya tentang apakah motor keyless aman, yang kami kutip dari channel youtube MOTOR Plus Jumat, 24 Mei 2024.

"Bang, sebenarnya motor yang sudah pakai keyless itu aman dari maling nggak sih?" Faisal repoter MOTOR Plus bertanya ke Bang Ian Owner Bengekl Tian Kunci.

BACA JUGA: 6 Cara Atasi Motor yang Mogok Tiba-tiba, Mudah Langsung Greng..

Kunci keyless yang tidak aman

"Oke, kita jelasin ya. Motor yang menggunakan keyless sebenarnya cukup aman, kecuali keyless variasi yang dipasang sendiri. Keyless variasi ini mungkin kurang aman karena sistemnya hanya mengandalkan SCU aja," kata Bang Ian menjelaskan.

"Sedangkan kalau yang original bawaan dari pabrik, sistemnya harus sinkron sama ECU. Jadi meskipun maling berhasil membobolnya dan menyalakan motor, tetap nggak bisa jalan karena sistem keyless atau immobilizer pada kendaraan memutus antara pengapian dan injeksi,"tamahya lagi.

Kunci keyless yang aman

Sumber: