4 Tips Perawatan Motor Injeksi dengan Baik, Lakukan Secara Rutin Agar Motor Nyaman Dipakai

4 Tips Perawatan Motor Injeksi dengan Baik, Lakukan Secara Rutin Agar Motor Nyaman Dipakai

Begini 4 tips perawatan motor injeksi dengan baik dan benar--

Radartegal.id – Jika Anda memiliki motor dengan sistem injeksi, tentunya Anda ingin memastikan bahwa kendaraan Anda tetap dalam kondisi terbaik. Tips perawatan yang tepat sangat penting untuk menjaga performa motor injeksi agar tetap mantap dan terhindar dari kerusakan.

Perawatan motor injeksi memang sudah menjadi kebutuhan transportasi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Karenanya bukan hal asing lagi jika terdapat lebih dari satu buah sepeda motor dalam sebuah keluarga.

Salah satu jenis motor yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah sepeda motor injeksi. Sepeda motor jenis ini merupakan kendaraan yang dibekali dengan teknologi mumpuni di bagian mesin pembakarannya.

Untuk itu tips perawatan motor injeksi sangatlah penting. Oleh karena itu artikel kali ini akan membahas 4 tips cara perawatan yang dapat Anda lakukan sendiri untuk merawat motor injeksi Anda dengan baik, tanpa harus repot pergi ke bengkel. Bagi Anda yang penasaran dan ingin mencoba, silakan simak informasinya ya.

BACA JUGA: Berapa Biaya Perawatan Honda Beat dan Vario 2024? Cek Disini Untuk Kisaran Pengeluaran

BACA JUGA: Mitos dan Fakta Transmisi Matic CVT, Katanya Biaya Perawatan Lebih Mahal dari Manual, Faktanya?

4 Tips perawatan motor injeksi dengan baik dan benar

1. Panaskan Motor Secara Rutin

Perawatan yang pertama dan penting untuk motor injeksi adalah dengan rutin memanaskan mesin, bahkan jika Anda tidak menggunakannya secara langsung. Biarkan mesin tetap menyala tanpa menggaskan gas.

Tujuan dari pemanasan ini adalah untuk meningkatkan efisiensi mesin dan mengurangi viskositas pelumas. Selain itu, pemanasan rutin juga dapat mencegah terjadinya kondensasi yang dapat terbentuk di lingkungan yang lembap.

2. Hindari Mengosongkan Tangki Bensin

Kebiasaan mengosongkan tangki bensin dapat merusak bagian injektor dalam jangka waktu yang lama. Kotoran dan kelembapan yang terakumulasi di dalam tangki dapat menyebabkan kerak dan bahkan kerusakan pada pompa bahan bakar.

Selain itu, membiarkan tangki bensin kosong juga dapat mengakibatkan degradasi komponen sistem bahan bakar karena terpapar udara dan kelembapan. Pastikan selalu ada cukup bahan bakar di dalam tangki untuk menghindari masalah tersebut.

Sumber: