Hati-hati! Ternyata ini 6 Penyebab Rem Blong Pada Mobil, Selalu Periksa Kesehatan Mobil Anda

Hati-hati! Ternyata ini 6 Penyebab Rem Blong Pada Mobil, Selalu Periksa Kesehatan Mobil Anda

Hati-hati! Ternyata ini 6 Penyebab Rem Blong Pada Mobil, Selalu Periksa Kesehatan Mobil Anda pict-istockphoto--

BACA JUGA: Cepat Namun Tak Aman, Ini 5 Efek Negatif Cas Mobil Listrik dengan Fast Charging

BACA JUGA: Honda Jazz RS 2024 Kembali Hadir, dengan Performa Mesin Unggul dan Membawa Era baru

Ketika Anda mengerem secara berlebihan atau sering saat menuruni tanjakan yang curam sehingga menyebabkan sistem pengereman menjadi terlalu panas. Diketahui bahwa komponen rem, seperti cakram dan kampas rem, dapat mengalami kerusakan atau bahkan berhenti berfungsi sebagaimana mestinya.

Ketidakmampuan kendaraan untuk memperlambat atau berhenti total saat mengerem dapat mengakibatkan rem blong.

3. Cairan Rem Rendah atau Terkontaminasi

Penyebab rem blong pada mobil selanjutnya bisa terjadi karena cairan rem rendah atau telah terkontaminasi. Minyak rem yang terkontaminasi mengurangi efisiensi rem sehingga meningkatkan risiko kegagalan rem.

4. Komponen pada Rem Rusak

Penyebab rem blong pada mobil berikutnya bisa terjadi karena ada komponen pada rem mengalami kerusakan. Kegagalan rem dapat disebabkan oleh komponen rem yang aus atau rusak, seperti cakram rem, kaliper, atau silinder rem.

5. Sistem Hidrolik Bermasalah

Penyebab rem blong pada mobil juga dapat dipicu karena sistem hidrolik bermasalah. Kegagalan rem juga dapat disebabkan oleh kebocoran atau kelebihan udara pada sistem hidrolik. Berhenti dan mengerem dimungkinkan oleh sistem hidrolik kendaraan, yang mentransfer tekanan dari pedal rem ke bantalan rem.

BACA JUGA: 7 Perbedaan Karakteristik Mobil Hybrid dan Bensin serta Perawatannya, Pemula Wajib Simak

BACA JUGA: Kapok Beli Mobil Jepang atau Korea? Ini List Mobil Eropa Paling Irit BBM yang Jarang Wara-wiiri ke SPBU

Masalah apa pun yang terjadi pada sistem hidrolik, seperti masuknya udara ke dalam sistem, kebocoran pada master silinder, atau kebocoran pada selang rem, dapat mempengaruhi kinerja rem. Kebocoran dapat menyebabkan hilangnya tekanan hidrolik yang diperlukan untuk memaksa bantalan rem menempel pada cakram atau tromol rem.

Sementara itu, udara yang masuk ke sistem dapat menyebabkan kompresibilitas yang tidak diinginkan, sehingga mengurangi efektivitas rem.

6. Pengaturan Rem yang Salah

Sumber: