Hati-hati! Ternyata ini 6 Penyebab Rem Blong Pada Mobil, Selalu Periksa Kesehatan Mobil Anda

Hati-hati! Ternyata ini 6 Penyebab Rem Blong Pada Mobil, Selalu Periksa Kesehatan Mobil Anda

Hati-hati! Ternyata ini 6 Penyebab Rem Blong Pada Mobil, Selalu Periksa Kesehatan Mobil Anda pict-istockphoto--

Radartegal.id - Pernahkah Anda mengalami kejadian rem blong saat mobil digunakan berkendara? Keadaan tersebut pasti membuat panik karena sulit mengerem terutama saat berada pada jalanan yang menanjak atau menurun. Ketahuilah ternyata ada 6 penyebab rem blong pada mobil.

Rem blong merupakan suatu keadaan di mana mobil telah kehilangan kemampuannya untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraannya tersebut. Kondisi ini tentunya membahayakan.

Untuk itu kamu perlu tahu apa saja sih penyebab rem blong pada mobil ini? Simak jawabannya pada artikel berikut.

Walaupun kondisi ini membuat panik, alangkah baiknya Anda tetap bisa menenangkan pikiran. Segera pindahkan ke gigi rendah, dan jika ada kendaraan lain di depan mobilmu bunyikan klakson berkali-kali untuk memberi tanda.

Yuk simak 6 penyebab rem blong pada mobil yang harus kita waspadai. Berikut pembahasannya.

BACA JUGA: Apakah Wajib Sesekali Memanaskan Mobil yang Jarang Dipakai? Cek Jawabannya Berikut Ini

BACA JUGA: All New Suzuki Swift 2024 Generasi Terbaru, dengan Keunggulan Maksimal Bikin Geger Pasar Mobil Hatchback

Penyebab rem blong pada mobil

1. Kampas Rem Mengalami Aus

Pertama, penyebab rem blong pada mobil bisa dikarenakan kampas rem mengalami aus. Ketika kampas rem aus, efektivitas pengereman berkurang dan bisa menyebabkan rem blong. 

Mobil akan memiliki daya henti yang jauh lebih kecil jika kampas rem terlalu tipis atau aus. Hal ini dapat menyebabkan jarak berhenti yang lebih jauh atau hilangnya daya pengereman total.

Hal ini juga dapat terjadi dalam beberapa situasi, terutama saat melakukan pengereman mendadak atau saat menuruni tanjakan terjal.

2. Rem Mengalami Overheating

Kedua, penyebab rem blong pada mobil bisa dipicu karena rem mengalami overheating atau kelebihan panas. Pengereman yang terus-menerus atau berlebihan, terutama saat menuruni bukit yang curam, dapat membuat sistem rem menjadi terlalu panas dan menyebabkan kegagalan.

Sumber: