Semua Merek Bisa Kena! Inilah Macam-Macam Kerusakan pada Motor yang Bisa Terjadi

Semua Merek Bisa Kena! Inilah Macam-Macam Kerusakan pada Motor yang Bisa Terjadi

OTOMOTIF- Berikut beberapa kerusakan pada motor yang dapat terjadi pada semua merek.-(Gambar Pinterest)----

3. CVT Berisik

Khusus untuk kamu yang mengendarai motor matic, pasti tidak asing dengan suara berisik yang kadang muncul dari bagian CVT (Continuously Variable Transmission). Suara ini bukan hanya mengganggu kenyamanan berkendara, tapi juga bisa bikin malu, terutama jika ada orang lain yang mendengar. 

Penyebab kerusakan pada motor ini sangat beragam, mulai dari van belt yang sudah aus, mangkok kopling yang kotor, roller yang tidak lagi bulat sempurna, hingga gearbox yang bermasalah. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan kamu rutin melakukan servis CVT agar semua komponennya tetap dalam kondisi baik.

BACA JUGA: 7 Tips Ampuh Mencegah Radiator Bocor, Lakukan Perawatan Penting untuk Menghindari Kerusakan

BACA JUGA: 7 Penyebab Motor Tiba-tiba Mati saat Jalan, Penting Banget dan Jangan Diremehkan!

Tips merawat motor agar tidak mudah rusak

Setelah mengetahui berbagai macam kerusakan yang bisa terjadi pada motor, tentunya kamu ingin tahu bagaimana cara merawat motor agar tidak mudah rusak, bukan? Berikut beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan

1. Rutin Servis Berkala

Lakukan servis rutin sesuai jadwal yang dianjurkan oleh pabrikan. Servis berkala penting untuk memeriksa kondisi keseluruhan motor dan mencegah kerusakan yang lebih parah.

2. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Bahan bakar yang berkualitas akan menjaga performa mesin tetap optimal dan mencegah karburator atau injektor dari kotoran yang bisa menyebabkan masalah.

3. Periksa Tekanan Ban

Tekanan ban yang tidak sesuai bisa menyebabkan motor tidak stabil dan mempercepat keausan ban. Pastikan tekanan ban selalu sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

4. Jaga Kebersihan Motor

Sumber: