Semua Merek Bisa Kena! Inilah Macam-Macam Kerusakan pada Motor yang Bisa Terjadi

Semua Merek Bisa Kena! Inilah Macam-Macam Kerusakan pada Motor yang Bisa Terjadi

OTOMOTIF- Berikut beberapa kerusakan pada motor yang dapat terjadi pada semua merek.-(Gambar Pinterest)----

Radartegal.id - Halo, para pecinta otomotif! Kalau kamu sedang membaca artikel ini, besar kemungkinan kamu adalah salah satu pengendara motor yang ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana cara merawat motormu agar selalu dalam kondisi prima. Beberapa kerusakan pada motor inipun tidak bisa diabaikan.

Nah, kali ini kita akan membahas macam-macam kerusakan yang bisa terjadi pada motor, apapun mereknya. Artikel ini terinspirasi dari cuplikan video Youtube dari Channel @Fakta.Otomotif terkait masalah-masalah yang sering dihadapi pengendara motor. Yuk, kita simak lebih lanjut!

1. Komstir Oblak

Pernahkah kamu merasakan setir motormu terasa longgar atau tidak stabil? Jika iya, besar kemungkinan komstir motormu sedang bermasalah.

Kerusakan pada motor ini tidak mengenal merek, bisa terjadi pada Honda, Yamaha, Suzuki, ataupun Kawasaki. Salah satu faktor utama yang menyebabkan komstir oblak adalah usia pakai.

Semakin lama motor digunakan, semakin besar kemungkinan komstir mengalami keausan. Selain usia, faktor lain seperti seringnya melewati jalan yang tidak rata atau berbatu juga dapat mempercepat kerusakan komstir. Jadi, pastikan kamu rutin memeriksa kondisi komstir motormu, ya!

BACA JUGA: Ciri-ciri Selenoid Matic Rusak, Ini Tanda Kerusakan dan Solusi yang Harus Kamu Tahu

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele, Berikut Beberapa Kerusakan Suspensi Motor yang Harus Diantisipasi

2. Shock Bocor

Masalah lain yang sering ditemui oleh pengendara motor adalah shock absorber yang bocor. Fungsi utama shock absorber adalah untuk meredam guncangan saat motor melewati jalan yang tidak rata.

Namun, seiring berjalannya waktu dan intensitas penggunaan, shock bisa mengalami kebocoran. Jalan yang banyak lubang atau tidak rata, serta banyaknya debu atau kotoran yang menempel pada as shock, adalah penyebab utama masalah ini.

Jika kamu sering mendengar bunyi aneh atau merasakan motor tidak nyaman saat dikendarai, ada baiknya kamu segera memeriksa shock absorber.

Sumber: