Bangun Kesadaran Sosial, 4 Parpol di Tegal Sepakat Walikotane Wong Tegal Bae

Bangun Kesadaran Sosial, 4 Parpol di Tegal Sepakat Walikotane Wong Tegal Bae

Pimpinan 4 Parpol di Tegal setelah menandatangani kesepahaman bersama--

TEGAL, radartegal.id - Empat partai politik (Parpol) di Tegal yang terdiri dari PDI Perjuangan, Demokrat, PAN dan Hanura menggelar penandatanganan kesepahaman bersama, Rabu 22 Mei 2024. Mereka sepakat, akan mengusung bakal calon (Bacalon) Walikota dalam Pilwalkot Tegal Pilkada 2024 mendatang kader asli Kota Bahari.

Ketua DPC PDI Perjuangan Edy Suripno usai penandatanganan mengatakan keempat parpol memiliki keprihatinan yang sama dan siap mengembalikan martabat Kota Tegal. Selain itu juga mewujudkan pendidikan politik di setiap parpol, untuk bisa menghasilkan kepemimpinan di Kota Tegal yang mampu melindungi, mengayomi dan mensejahterakan masyarakat.

"Sejatinya Kota Tegal sudah siap dan layak untuk dipimpin oleh orang asli Kota Tegal atau putra daerah. Sehingga, 4 partai ini mewakili keprihatinan serta ingin mengembalikan martabat Kota Tegal," ujarnya.

BACA JUGA: Peluang Koalisi Pilkada Kota Tegal 2024 Mencuat, Partai Golkar Safari Politik ke Gerindra

BACA JUGA: Jelang Pemilihan Bupati Tegal 2024, Partai Golkar Bangun Koalisi dengan 4 Parpol

Disamping itu, ujar Edy, PDI Perjuangan membuka diri kepada siapapun untuk bersama-sama membangun Kota Tegal. Pihaknya diinstruksikan untuk berkoalisi dengan parpol lain, mendiskusikan hal-hal penting terkait Kota Bahari. 

"Sehingga, melalui kaukus ini, kami ingin membangun komunikasi politik. Sesuai dengan instruksi tersebut," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Uyip itu menambahkan, komunikasi politik dengan parpol tidak berhenti disitu saja. Namun, nantinya akan dilakukan komunikasi dengan parpol lainnya.

"Ini tidak berhenti di sini saja, kita akan terus melakukan komunikasi politik dengan parpol-parpol lainnya. Ini hanya sebagai langkah awal saja,"terangnya. 

Bendahara DPD PAN Ely Farisati mengungkapkan kaukus Tegal Bersatu itu, menindaklanjuti pertemuan ketua parpol yang digelar pada Ramadan kemarin. Saat itu semuanya sepakat untuk menghadirkan pemimpin yang berkualitas.

"Pemimpin yang tahu persis apa yang dibutuhkan Kota Tegal. Sehingga, sudah saatnya kesadaran politik digunakan untuk menentukan nasib Kota Tegal," ujarnya.

Ketua DPC Partai Demokrat Akhmad Satori menuturkan, selama 10 tahun terakhir, Kota Tegal dipimpin oleh orang yang bukan asli putra daerah. Sehingga, Pilkada 2024, sebagai momentum yang tepat untuk menghadirkan pemimpin dari Kota Tegal.

BACA JUGA: Pilkada 2024 Memanas, PKB Kabupaten Tegal Tidak Tutup Peluang Koalisi

Sumber: