234.768 KPM di Brebes Mulai Terima Bantuan Pangan Beras 10 Kilogram, Akan Dibagikan Selama 5 Bulan

234.768 KPM di Brebes Mulai Terima Bantuan Pangan Beras 10 Kilogram, Akan Dibagikan Selama 5 Bulan

Secara simbolis KPM di Brebes mulai menerima Bapang beras 10 Kg.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Sebanyak 234.768 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Brebes mulai menerima bantuan pangan (bapang) 2024. Mereka bakal menerima bantuan pangan berupa beras sebanyak 10 kilogram (kg) per KPM.

Penyaluran perdana bantuan pangan beras yang berasal dari stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di tahun 2024 ini, dilakukan di Kecamatan Bumiayu, Senin 29 Januari 2024. Secara simbolis, Sekda Brebes Djoko Gunawan menyerahkan bantuan ke perwakilan warga di Aula Kecamatan Bumiayu. 

"Bantuan pangan ini dari pemerintah untuk warga, dan akan diberikan selama lima bulan ke depan," ungkapnya usai penyerahan bantuan pangan beras secara simbolis.

Bantuan pangan beras tersebut, kata dia, disalurkan kepada KPM melalui PT Pos Indonesia. Penyaluran langsung ke warga di setiap desa. Kepala Kantor Pos Bumiayu, Deni mengatakan, untuk warga Bumiayu masing-masing KPM akan menerima bantuan pangan 10 kilogram beras.

Didistribusikan 5 bulan hingga Mei

Bantuan diberikan selama lima bulan, mulai Januari hingga Mei 2024 mendatang. "Nantinya, kami dari PT Pos yang menyalurkan ke masing-masing KPM."  

Di Kecamatan Bumiayu sendiri, total penerima Bapang sebanyak 15.818 KPM untuk di 15 desa. Mekanismenya, nanti bantuan akan disalurkan ke tiap desa, kemudian diserahkan ke penerima manfaat.

"Hari ini mulai disalurkan untuk Desa Dukuhturi, selanjutnya untuk desa-desa lain langsung dikirim balai desa," pungkasnya. 

Hadir dalam penyerahan bantuan pangan beras secara simbolis oleh Sekda Brebes, Djoko Gunawan, Kepala Dinas Sosial, Mahfuri, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP), Yulia Hendrawati, dan Camat Bumiayu, Cecep Aji Suganda. (*)

Sumber: