8 Daya Tarik Gunung Slamet dengan Perpaduan Keindahan Alam sampai Nilai Spiritual

8 Daya Tarik Gunung Slamet dengan Perpaduan Keindahan Alam sampai Nilai Spiritual

8 daya tarik Gunung Slamet-Tangkapan layar YouTube/KBS Vlog-

BACA JUGA: Mitos Pasar Setan Gunung Slamet Via Bambangan, dari Erupsi hingga Orang Hilang Bergantian

4. Jalur Pendakian Menantang 

Alasan Anda harus mendatangi Gunung Slamet yaitu mencoba jalur pendakiannya yang begitu menantang. Gunung ini memiliki jalur pendakian yang beragam baik untuk pemula maupun profesional sekalipun.

Medannya berpasir dan berbatu tajam, dengan kemiringan yang terjal dan curam. Meski menantang, pesona dan daya tarik Gunung Slamet selalu menjadi magnet bagi para pendaki. 

5. Keanekaragaman Hayati 

Hal menarik dari Gunung Slamet tidak ketinggalan soal keanekaragaman hayati yang ada di kawasan gunung. Para pendaki akan melihat beragam spesies flora dan fauna yang hidup di hutan pegunungan tersebut, termasuk beberapa spesies langka lho.

6. Keagungan Budaya 

Daya tarik Gunung Slamet lainnya juga mencakup soal nilai budaya yang tinggi bagi masyarakat setempat. Cerita rakyat tertentu tidak luput menyelimuti soal gunung ini sejak turun temurun.

BACA JUGA: Mengulik Mitos dan Misteri Gunung Slamet, Dipercaya Punya Gerbang Kerajaan Gaib hingga Pasar Setan

7. Tempat Persembunyian Spiritual 

Hal unik tentang Gunung Slamet yaitu menjadi tempat persembunyian spiritual bagi sebagian orang. Gunung ini menjadi tempat untuk mencari kedamaian dan koneksi spiritual.

Jika Anda datang ke tempat ini, Anda akan melihat ada banyak tempat ziarah dan tempat ibadah di sekitar gunung ini yang dikunjungi oleh para peziarah.

8. Mitos dan Legenda 

Gunung Slamet juga menyimpan beragam mitos dan legenda yang sudah jadi kepercayaan sejak lama bagi masyarakatnya. Bahkan hal ini juga sudah tidak asing bagi sebagian wisatawan luar daerah.

Konon legenda menyebutkan bahwa dulunya gunung ini dinamakan Gunung Agung sebelum akhirnya diganti jadi Gunung Slamet. 

Sumber: