Luncurkan Pojok Literasi Statistik, BPS Kabupaten Tegal Gandeng SMA Negeri 1 Slawi

Luncurkan Pojok Literasi Statistik, BPS Kabupaten Tegal Gandeng SMA Negeri 1 Slawi

LITERASI - Sejumlah pelajar dan pegawai BPS Kabupaten Tegal menunjukkan tanda literasi dengan jari tangannya saat peluncuran pojok literasi statistik, di SMAN 1 Slawi, Senin, 13 Mei 2024.-Yeri Noveli-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Luncurkan Pojok Literasi Statistik, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tegal menggandeng SMA Negeri 1 Slawi. Kegiatan program literasi statistik goes to school ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi statistik bagi para siswa dan guru di Kabupaten Tegal.

Kepala SMA Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Sunarni, S.Pd, M.Pd berharap, pembinaan melalui pojok literasi statistik ini bermanfaat untuk anak didiknya.

"Sehingga para siswa dapat memiliki pengetahuan tentang statistika dan mampu meningkatkan literasi statistik," ujarnya, Senin, 13 Mei 2024.

Kegiatan pojok literasi statistik ini diawali dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) saat upacara bendera di halaman SMA Negeri 1 Slawi.

BACA JUGA: Disdikbud Kabupaten Tegal Beri Pendampingan Penyusunan Strategi Penguatan Literasi SD Level 1 dan 2

Kepala BPS Kabupaten Tegal Bambang Wahyu Ponco Aji, S.ST, M.Si mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah memberikan kesempatan kepada BPS guna memberikan pembinaan literasi statistik yang lebih terarah kepada para siswa melalui pojok literasi statistik.

Sehingga siswa dapat memiliki pengetahuan yang lebih tentang statistika serta dapat meningkatkan kemampuan literasi statistik untuk menuju jenjang pendidikan lebih lanjut.

"Semoga program ini bermanfaat untuk para siswa," kata Bambang Wahyu Ponco.

Dia juga menjelaskan tentang pentingnya memahami data dan bagaimana cara menghasilkan data tersebut. Sehingga menjadi informasi yang jelas dan dapat menjadi penentu kebijakan yang efektif serta tepat sasaran.

BACA JUGA: Indeks Literasi Kabupaten Tegal Rendah, Bupati Akui Kunjungan ke Perpustakaan Terus Menurun

Menurutnya, hal ini sejalan dengan kebijakan tata kelola pemerintah menuju terwujudnya Satu Data Indonesia (SDI) dimana BPS memiliki tugas sebagai pembina data.

Dia menambahkan, bahwa kegiatan ini akan berlangsung selama satu tahun. Dimulai dari Mei 2024 hingga Mei 2025.

"Pembinaan ini akan berterintegrasi dengan kegiatan Pembinaan Literasi Numerasi yang ada di sekolah dengan memberi wawasan lebih pada Ilmu Statistika bagi para siswa dan guru," imbuhnya. (*)

Sumber: