Disdikbud Kabupaten Tegal Beri Pendampingan Penyusunan Strategi Penguatan Literasi SD Level 1 dan 2

Disdikbud Kabupaten Tegal Beri Pendampingan Penyusunan Strategi Penguatan Literasi SD Level 1 dan 2

Kabid Pembinaan SMP Disdikbud Kabupaten Tegal melakukan kegiatan pendampingan penyusunan strategi penguatan literasi SD level 1 dan 2.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud ) Kabupaten Tegal menggelar pendampingan dalam penyusunan strategi penguatan literasi SD level 1 dan 2.

Kepala Disdikbud Kabupaten Tegal, Fakihurrochim SSos MM menyatakan bahwa saat ini pemerintah menekankan untuk sekolah membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan literasi. Oleh karena itu terciptanya program Gerakan Literasi Sekolah. 

"Ada beberapa strategi yang perlu dilakukan guru sebagai penguatan atau peningkatan kemampuan literasi siswa. Di antaranya pengembangan lingkungan kaya teks di sekolah, pengembangan lingkungan sosial emosinal, dan penguatan lingkungan akademik," ujarnya Jumat 24 November 2023.

Ditegaskan bahwa strategi penguatan literasi di lingkungan akademik bertujuan untuk membuat kegiatan pembelajaran bermakna dan menyenangkan. Sehingga siswa dapat meningkat kecakapan literasinya dengan optimal. 

"Prinsip penguatan lingkungan akademik berupa penguatan literasi selaras dengan tahapan perkembangan literasi siswa, kecakapan literasi terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran lintas mata pelajaran. Pembelajaran menggunakan Bahasa tulis dilakukan dengan aktivitas menggunakan Bahasa lisan (berbicara dan berdiskusi), serta penguatan literasi berfokus pada penggunaan ragam teks dengan format dan tema yang dekat dengan lingkungan keseharian siswa," cetusnya.

Untuk menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung literasi siswa diperlukan kerjasama semua pihak untuk merealisasikannya. Banyak strategi atau cara yang dapat digunakan oleh guru untuk mengembangkan literasi siswa sesuai dengan ide dan kreatifitas guru dalam menerapkannya. (adv) 

Sumber: