Pengguna Awam Wajib Tau! 4 Cara Mengetahui Waktu yang Tepat Ganti Oli Mobil, Cegah Dampak Fatal

Pengguna Awam Wajib Tau! 4 Cara Mengetahui Waktu yang Tepat Ganti Oli Mobil, Cegah Dampak Fatal

Pengguna Awam Wajib Tau! 4 Cara Mengetahui Waktu yang Tepat Ganti Oli Mobil Supaya Tidak Fatal Jika Dibiarkan pict-istockphoto--

RADAR TEGAL - Bagi yang awam soal mobil karena baru pertama kali memilik kendaraan roda empat ini mungkin masih bingung bagaimana cara perawatan mobil yang benar, seperti misalnya belum tau kapan waktu yang tepat mengganti oli. Pas banget nih, pada artikel di bawah ini kami akan membahas 4 cara mengetahui waktu yang tepat ganti oli mobil.

Perlu kalian ketahui, komponen mobil seperti oli perlu rutin untuk diganti tujuannya agar performa kendaraan mu lebih maksimal ketika digunakan berkendara. Untuk itu, kamu juga perlu mengetahui 4 cara mengetahui waktu yang tepat ganti oli mobil tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti supaya Anda tidak ketinggalan untuk mengganti oli mobil kesayangan mu supaya  tidak alami kerusakan jika tidak segera diganti. Yuk kepoin 4 cara mengetahui waktu yang tepat ganti oli mobil pada artikel di bawah ini.

Tak usah berlama-lama lagi, mari kita simak bareng artikel dari radar tegal dengan judul 4 cara mengetahui waktu yang tepat ganti oli mobil. Pastikan Anda yang awam mengetahui hal ini.

BACA JUGA:Panduan Lengkap Mengganti Filter Oli Mobil, Pelumas Terjaga Mesin Tetap Prima

Cara mengetahui waktu yang tepat ganti oli mobil

1. Cek ketinggian dari oli mobil

Pertama, cara mengetahui waktu yang tepat ganti oli mobil adalah dengan mengecek ketinggian oli tersebut. Adapun langkah yang bisa kalian coba untuk melihat ketinggian oli ini, pertama dengan memarirkan mobil terlebih dahulu pada permukaan jalan yang rata dan selanjutnya tunggulah mesin dingin. Langkah pertama tersebut bisa kamu lakukan apabila sebelumnya kendaraan mu baru saja digunakan.

Jika tidak habis digunakan atau kamu sudah mengikuti langkah pertama tadi, lanjutkan dengan menemukan dipstick oli yang terdapat pada bagian bawah kap mesin dan terdapat pegangan seperti cincin. Kalian bisa menarik pegangan tersebut, membersihkannya, dan kemudian memasukannya kembali baru setelahnya menarik ke bagian luar lagi.

Barulah disini kamu bisa melihat ketinggian oli pada dipstick tersebut. Kalau levelnya ada di bawah batas dari minimumnya itu artinya mobil mu telah kehabisan oli dan harus segera diganti.

2. Lihat peringatan tekanan oli pada dashboard

Kedua, cara mengetahui waktu yang tepat ganti oli mobil selanjutnya adalah dengan melihat peringatan tekanan oli pada bagian dashboard. Jika terdapat lampu peringatan tekanan oli ketika Anda gunakan mobil untuk berkendara, itu berarti tekanan olinya rendah dan akan segera habis.

BACA JUGA:Nekat Ganti Oli Mesin Mobil Pakai Minyak Goreng, Ternyata Hasilnya Boleh Juga kok

3. Cek apakah ada kebocoran oli

Sumber: