10 Tips Membeli Mobil Bekas untuk Pemula Supaya Terhindar dari Penipuan

10 Tips Membeli Mobil Bekas untuk Pemula Supaya Terhindar dari Penipuan

RADAR TEGAL – Bagi Anda  yang ingin membeli mobil bekas, tentu banyak pertimbangan seperti takut salah memilih atau pun khawatir menjadi korban penipuan. Karena itu dalam artikel ini akan dibahas tentang tips membeli mobil bekas untuk pemula.

Seperti yang Anda ketahui bahwa, saat ini mobil bukan hanya sebagai transportasi untuk mengantarkan ke berbagai tempat. Namun juga memberikan kenyamanan selama perjalanan. Berikut ini tips membeli mobil untuk pemula.

Dibutuhkan pemikiran dan perencanaan yang matang ketika berencana membeli mobil bekas,  supaya mobil yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan. Karena itu, berikut ini 10 tips membeli mobil bekas untuk pemula yang harus diketahui.

Diharapkan dengan mengetahui tips membeli mobil bekas untuk pemula ini, calon pembeli bisa menjadikannya bahan pertimbangan. Utamanya untuk Anda yang masih bingung dalam memilih mobil bekas tersebut.

BACA JUGA: 4 Tips untuk Beli Mobil Bekas Berdasarkan Kilometer Rendah, Dijamin dapat Kendaraan dalam Kondisi Baik

Tips membeli mobil bekas

1. Alokasikan Anggaran dengan Bijak

Tips membeli mobil bekas yang pertama yakni menyusun strategi keungan sebelum menentukan angsuran, tenor, dan down payment (DP).

Jadi, Anda perlu menentukan anggran realistis dengan mengetahui harga mobil bekas yang Anda inginkan, dengan begitu Anda bisa mendapatkan mobil bekas sesuai dengan Anda inginkan.

2. Belilah Mobil Sesuai Kebutuhan

Tahukah Anda bahwa menentukanunit mobil sesuai dengan kebutuhan menjadi salah  satu hal yang perlu Anda perhatikan, lho.

Sebab, setiap mobil mempunyai fitur, pelengkap, serta kelebihan masing-masing. Namun, tidak semua konsumen membutuhkan seluruh fitur yang ditawarkan, ya.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Mobil Bekas di Bawah 100 Juta, Buktikan Gaya Anak Muda Masa Kini

3. Lakukan Survei Sebelum Pembelian

Pada saat Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas, pastikan untuk melakukan survei langsung ke dealer, ya.

Hal ini merupakan salah satu cara efektif untuk  bisa mendapatkan mobil berkualitas dan dapat mengetahui kondisi mobil yang ingin Anda beli.

4. Cari Mobil Bekas Berkualitas Prima

Opsi cerdas untuk memilih kendaraan dengan kualitas prima menjadi sebuah keharusan. Anda bisa mendapatkan mobil bekas dengan kualitas prima dari beberapa merek mobil seperti Toyota Avanza, Honda Mobilio, Nissan Grand Livina, dan Honda Jazz.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Mobil Bekas 70 Jutaan Terbaik 2024, Harga Miring Kualitas Worth It

5. Lakukan Test Drive

Cara yang satu ini  sangat  penting dan perlu Anda lakukan sebelum membeli  mobil bekas. Hal ini dilakukan guna mengetahui apakah  mobil yang akan Anda beli masih layak digunakan atau  tidak.

Ada pun pengetesan mobil bekas dapat Anda lakukan mulai dari kemampuan kendaraan pada saat berada di berbagai kondisi jalan. Misalnya tingkat kecepatan laju kendaraaan, posisi duduk, respon pedal gas atau rem, ayunan suspensi saat melewati tanjakan, dan perpindahan transmisi mobil.

6. Cek Dokumen Kendaraan

Pada saat ingin membeli mobil bekas. Maka pastikan surat-surat mobil bekas yang akan Anda bebli sudah lengkap semua seperti STNK,BPKB,  dan surat-surat lainnya.

7. Periksa dengan Teliti Mesinnya

Selanjutnya, Anda perlu periksa kondisi  mesin termasuk pengecekan mesin dalam, rembesan oli, getaran mesin. Suara mesin pada saat  dinyalakan, dan apakah mobil bekas yang akan Anda beli tercium  bau mencurigakan.

BACA JUGA: Bocoran Harga Mobil Bekas Daihatsu 2024, Mulai dari Rp80 Jutaan Udah Bisa Anda Bawa Pulang

8. Pastikan Bodi Mobil Mulus

Pastikan juga keadaan bodi mobil bekas yang akan Anda beli dalam kondisi bersih dari karat,keropos, atau bekas tabrakan yang bisa mengindikasikan kerusakan struktural.

9. Lihat Detail Interiornya

Anda perlu memperhatikan keadaan interiror mobil termasuk kondisi jok, dasboard, dan kelengkapan interior seperti audio, AC, dan masih banyak lagi, ya.

10. Cek Sistem Kelistrikan

Uji sistem kelistrikan juga perlu untuk Anda perhatikan seperti lampu, klakson, power widow, dan fitur-fitur kelistrikan lainnya  untuk memastikan semuanya  berfungsi  dengan baik, ya.

Demikian ulasan mengenai tips membeli mobil bekas untuk pemula. Semoga bermanfaat. (*) 

Sumber: