Rekomendasi Mobil Keluarga dengan Pajak Murah 2024, Cuma Segini Guys Pajak per Tahunnya

Rekomendasi Mobil Keluarga dengan Pajak Murah 2024, Cuma Segini Guys Pajak per Tahunnya

PAJAK MOBIL - Semoga artikel tentang mobil keluarga dengan pajak murah ini bermanfaat bagi Anda dan sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda.-freepik-

RADAR TEGAL - Hai, teman-teman Radar Tega Online. Kali ini kita bakal bahas topik yang nggak boleh dilewatkan buat kamu yang lagi cari mobil baru, yaitu mobil keluarga dengan pajak murah. 

Nah, gini nih, memilih mobil keluarga itu nggak cuman soal nyaman dan aman buat perjalanan, tapi juga soal nabung uang, kan? Salah satunya dengan memilih mobil keluarga dengan pajak murah.

Salah satu hal yang harus dipertimbangkan dengan serius adalah besarnya pajak kendaraan. Makanya, kali ini aku bakal ngasih tau kalian tentang aturan pajak kendaraan yang harus diketahui dan juga beberapa rekomendasi mobil keluarga dengan pajak murah di Indonesia. 

Siapa tau, nih, salah satu pilihannya cocok banget buat kamu dan keluarga. Simak ulasan tentang mobil keluarga dengan pajak murah di bawah ini yaa guys.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Mobil Murah dan Irit, Cocok buat Kamu para Pengantin Baru

Peraturan Pajak Kendaraan

Pajak kendaraan di Indonesia diatur oleh Permendagri No. 6 Tahun 2023 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat Tahun 2023. Mengetahui bagaimana peraturan ini bekerja dapat membantu Anda dalam memilih mobil keluarga yang tepat. 

Pajak kendaraan dihitung berdasarkan beberapa faktor, termasuk nilai jual kendaraan bermotor (NJKB), tahun kendaraan, silinder mesin, dan bobot kendaraan. 

Semakin tinggi nilai NJKB, semakin tinggi pajaknya, dan semakin tua usia kendaraan, semakin rendah pajaknya. Hal ini juga berlaku untuk kapasitas silinder mesin dan bobot kendaraan, di mana semakin besar kapasitas silinder mesin atau semakin berat bobot kendaraan, semakin tinggi pula pajaknya.

BACA JUGA: Suzuki Wagon R Masih Pegang Kategori Mobil Murah Irit BBM Terlaris, Ini 4 Keunggulan Utamanya

Low Cost Green Car (LCGC)

Salah satu kategori mobil yang cukup diminati karena pajaknya yang relatif murah adalah Low Cost Green Car (LCGC). Kategori ini ditujukan untuk mobil dengan harga terjangkau dan konsumsi bahan bakar yang irit. 

LCGC memiliki NJKB yang rendah, sehingga pajaknya pun lebih terjangkau. Beberapa pilihan LCGC yang dapat Anda pertimbangkan antara lain Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Honda Brio Satya, Suzuki Karimun Wagon R, dan Datsun Go. 

Dengan pajak tahunan mulai dari Rp 1.1 jutaan hingga Rp 1.7 jutaan, mobil keluarga dengan pajak murah ini merupakan pilihan yang ekonomis untuk keluarga.

Sumber: