Bantuan Keuangan Lintas Sektor Rp160 Miliar Diserahkan Pj Gubernur Jateng di Wonosobo

Bantuan Keuangan Lintas Sektor Rp160 Miliar Diserahkan Pj Gubernur Jateng di Wonosobo

WAWANCARA- Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana saat wawancara dengan media usai penyerahan bantuan keuangan lintas sektor, Senin, 22 April 2024.-Istimewa-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL  - Bantuan keuangan lintas sektor senilai Rp160 miliar daro Pemerintah Provinsi Jawa Tengah diserahkan untuk Pemerintah Kabupaten Wonosobo, pemerintah desa, dan organisasi masyarakat. Penyerahan bantuan tersebut dilakukan langsung oleh Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Senin, 22 April 2024.

Bupati Wonosobo Afif Nur Hidayat berterimakasih atas bantuan keuangan lintas sektor yang diberikan oleh Pemprov Jawa Tengah. Ia berharap program tersebut bisa ikut menyelesaikan beragam persoalan di Kabupaten Wonosobo.

"Bantuan keuangan dari pemprov sangat bermanfaat bagi kemajuan pembangunan di tingkat kabupaten, baik dalam pembangunan SDM, infrastruktur, maupun ekonomi masyarakat," terangnya. 

"Kita harapkan dengan bantuan Rp160 miliar lebih ini bisa dimanfaatkan dengan baik, artinya harus tepat sasaran dan tepat waktu," kata Nana usai penyerahan secara simbolis bantuan keuangan lintas sektor Pemprov Jateng tahun anggaran  2024 di Pendopo Kabupaten Wonosobo.

BACA JUGA: Bantuan Keuangan untuk Jepara Rp119,4 Miliar, Pj Gubernur Jateng Singgung Pembangunan Jalan

Nana mengatakan, masalah kemiskinan hingga stunting jadi sasaran prioritas pemerintah pusat, sehingga ia  mendorong agar bantuan keuangan lintas sektor tersebut dimaksimalkan untuk menyelesaikan isu-isu tersebut.

Ia mengapresiasi kinerja Pemkab Wonosobo yang menunjukkan tren positif di beberapa sektor. Misalnya angka kemiskinan terus turun dalam kurun waktu 2021-2023 hingga mencapai 15.58% pada tahun 2023.

Angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pun terus mengalami penurunan, mencapai 5.32 % pada tahun 2023. Selain itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2023 mencapai 70.18%. Diikuti pertumbuhan ekonomi mencapai 4.3%.

Nana berharap,  bantuan keuangan lintas sektor ini bisa menyelesaikan persoalan-persoalan di Wonosobo, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA: Bantuan Keuangan Rp25,4 Miliar Disalurkan ke Pemdes di Pekalongan, Pj Gubernur Ingatkan Hal Ini

Dari total bantuan anggaran yang diberikan, dibagi ke berbagai program. Mulai dari perbaikan jalan, penanggulangan gizi, desa wisata, hibah pendidikan hingga bantuan keuangan lintas sektor ke desa dan yang lainnya. (*)

Sumber: