PKL Depan Puskesmas Tegal Barat Menjamur, Masyarakat dan Pasien Mengeluh Kesulitan Parkir

PKL Depan Puskesmas Tegal Barat Menjamur, Masyarakat dan Pasien Mengeluh Kesulitan Parkir

MENJAMUR- Keberadaan PKL depan Puskesmas Tegal Barat yang menjamur mulai dikeluhkan. -Agus Wibowo-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Pedagang Kaki Lima (PKL) depan Puskesmas Tegal Barat Kota Tegal menjamur. Akibatnya, banyak masyarakat dan pasien yang hendak berobat mengeluh kesulitan parkir.

Mereka memprotes keberadaan PKL depan Puskesmas Tegal Barat, yang berada di Jalan Hangtuah Tegalsari Kota Tegal. Pasalnya baik pasien maupun tim medis kesulitan saat hendak memarkir kendaraan maupun ambulans yang keluar masuk.

Baik kendaraan yang menuju IGD maupun saat parkir untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Ya kami pernah mendapatkan pelayanan dari Puskesmas Tegal Barat, bahkan harus dibawa dengan menggunakan ambulans. Namun, saat hendak memasuki IGD Puskesmas, mobil ambulans tidak bisa masuk lantaran banyak pedagang yang berjejer di depan puskesmas Jalan Hangtuah," kata Jono, warga Tegal Barat, Minggu, 21 April 2024.

BACA JUGA: Reses, Warga Tegal Timur Kota Tegal Minta Biaya Berobat ke Puskesmas Gratis

Karena banyaknya PKL depan Puskesmas Tegal Barat yang membuatnya susah masuk, pihaknya terpaksa dipapah oleh tim medis dengan berjalan kaki menuju ke ruangan pelayanan di IGD. 

"Kami sangat menghargai para petugas medis puskesmas yang begitu sabar dan luar biasa. Namun bagi pedagang jelas tidak ada kepedulian terhadap kepentingan puskesmas apalagi dengan ambulans," ungkapnya. 

Hal serupa dikatakan pengunjung puskesmas lainnya, Tarsih. Dia juga mengaku sempat kesulitan saat hendak memarkir kendaraan karena banyak PKL depan Puskesmas Tegal Barat.

Sementara sisi lain, anaknya sedang sakit yang harus segera mendapatkan perawatan.

BACA JUGA: Launching ILP, Dinkes Kabupaten Tegal Uji Coba Penerapannya di Tiga Puskesmas

"Kami berharap ada tindakan atau kesadaran pedagang yang mangkal khususnya yang di depan Puskesmas Tegal Barat. Sehingga di depan puskesmas bisa steril," pintanya. 

Tidak hanya dialami warga, sempat ada petugas kesehatan provinsi yang mengaku sempat diusir PKL depan Puskesmas Tegal Barat saat melakukan kunjungan dan memarkirkan mobil pribadinya depan puskesmas.

Pada saat itu, petugas provinsi berkunjung ke Puskesmas Tegal Barat. Karena area parkir di dalam penuh, dia pun parkir di depan. 

Namun belum lama berkunjung, ada PKL depan Puskesmas Tegal Barat yang memintanya memindahkan mobilnya. Kejadian itu juga pernah dirasakan oleh petugas puskesmasnya sendiri saat parkir mobil di depan Jalan Hangtuah. 

Sumber: