Waspada Penyebab Water Hammer pada Motor, Ini Dia Cara Mencegahnya

Waspada Penyebab Water Hammer pada Motor, Ini Dia Cara Mencegahnya

Salah satu akibat dari penyebab water hammer pada motor ialah bengkoknya piston yang berujung pada pecahnya crankcase mesin.--

RADAR TEGAL - Pernahkah kamu mendengar suara ketukan kasar dan asap putih keluar dari knalpot saat mencoba menyalakan mesin? Jika ya, bisa jadi motor kamu telah terkena water hammer. Fenomena ini merupakan salah satu musuh terbesar bagi pengendara motor, terutama saat setelah menerjang banjir tetapi jarang yang tahu penyebab water hammer pada motor ini.

Water hammer, atau palu air, adalah peristiwa yang terjadi ketika air masuk ke dalam ruang bakar mesin dan tidak dapat dikompreskan seperti bahan bakar. Penyebab water hammer pada motor ini menyebabkan tekanan di dalam ruang bakar meningkat drastis, memicu kerusakan serius pada komponen mesin seperti piston, stang piston, dan blok mesin. 

Penyebab water hammer pada motor ini tidak hanya mengakibatkan ongkos perbaikan yang mahal. Namun juga dapat membahayakan keselamatan pengendara.

Sebagai pengendara yang cerdas dan bertanggungjawab, penting bagi kamu untuk memahami penyebab water hammer pada motor dan cara mencegahnya agar terhindar dari kerugian dan bahaya di jalan.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Merk Oli Mobil Matic Terbaik, Optimalka Performa Mesin Kendaraan

Faktor-faktor pemicu penyebab water hammer pada motor

Water hammer pada motor tidak terjadi secara tiba-tiba, melainkan dipicu oleh beberapa faktor, di antaranya:

  • Menerjang Banjir

Ini adalah penyebab paling umum. Saat menerjang banjir, air dapat masuk ke dalam mesin melalui celah-celah kecil seperti knalpot, filter udara, atau celah antar komponen.

  • Mencuci Motor dengan Tekanan Tinggi 

Semburan air bertekanan tinggi, terutama yang diarahkan ke bagian mesin, dapat mendorong air masuk ke dalam ruang bakar melalui celah-celah kecil.

  • Kerusakan pada Paking Kepala Silinder

Paking ini berfungsi untuk menutup celah antara kepala silinder dan blok mesin. Jika paking bocor, air dapat merembes masuk ke ruang bakar saat mesin dingin.

  • Kesalahan Modifikasi Mesin

Modifikasi yang tidak tepat, seperti memasang filter udara aftermarket yang tinggi, dapat meningkatkan risiko water hammer karena memungkinkan air masuk dengan lebih mudah.

Tanda-tanda penyebab water hammer pada motor

Meskipun water hammer dapat menyebabkan kerusakan parah, ada beberapa gejala yang dapat kamu perhatikan sebagai tanda peringatan:

BACA JUGA: 4 Daftar Oli Mobil yang Paling Bagus, Kualitasnya Tidak Diragukan Lagi!

  • Suara Mesin Kasar dan Brebet

Sumber: