4 Cara Menjaga Performa Mobil Matic Lawas 2012-2015 Tetap Terjaga Tanpa Rutin ke Bengkel

4 Cara Menjaga Performa Mobil Matic Lawas 2012-2015 Tetap Terjaga Tanpa Rutin ke Bengkel

cara merawat mesin mobil matic lawas, perawatan performa mobil matic lawas 2012, perawatan performa mobil matic lawas 2015, cara mengganti oli mesin mobil matic lawas, tips jitu merawat mesin mobil matic lawas, cara merawat performa mobil matic lawas tanp--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Bagaimana cara menjaga performa mobil matic lawas keluaran tahun 2012 sampai 2015 tanpa harus ke bengkel resmi. Pada dasarnya mobil matic bekas seringkali mengalami masalah terutama pada bagian mesinnya.

Umumnya mobil matic lawas keluaran tahun 2012 sampai 2015 juga mengalami hal yang sama. Biasanya bagian yang bermasalah jika tidak pada akselerasinya maka pada transmisinya yang biasanya menimbulkan hentakan.

Namun walaupun seringkali mengalami masalah, popularitas mobil matic  lawas keluaran tahun 2012 sampai 2015 hingga sekarang masih bertahan. Banyak pembeli mobil pertama yang lebih mengincar mobil matic tersebut daripada membeli mobil baru.

Nah apabila Anda yang tengah membaca artikel ini ingin membeli mobil matic lawas keluaran tahun 2012 sampai 2015, Anda harus bisa menjaga performanya agar tidak turun. Berikut 5 tips untuk menjaga performa mobil matic bekas tanpa harus ke bengkel.

BACA JUGA: 7 Ciri-ciri Shockbreaker Mobil Rusak, Begini Tips Mencegah Kerusakannya

1. Biasakan untuk panaskan mesin mobil setiap hari

Sebelum digunakan untuk kegiatan sehari-hari, alangkah lebih baiknya mobil dipanaskan sebentar mesinnya. Panaskan mobil setidaknya 30 menit atau minimal 1 menit sebelum digunakan untuk beraktivitas.

Tujuan dari memanaskan mesin mobil sendiri adalah untuk membuat kualitas mesin menjadi prima. Selain itu, menurut beberapa pengakuan pengguna mobil matic lainnya, memanaskan mesin mobil akan membuat mesin minim terkena masalah.

2. Pakai perseneling mobil sesuai dengan fungsinya

Selain memanaskan mobil sebelum digunakan untuk beraktivitas, menggunakan perseneling mobil matic lawas dengan tepat juga akan menjaga performanya. Usahakan Anda sebelum membeli mobil sudah mengerti bahwa pengaturan perseneling mobil matic berbeda dengan mobil manual.

Gunakan perseneling dengan tepat contohnya P untuk saat ingin parkir dan N untuk berhenti pada saat lampu merah. Menggunakan perseneling dengan tepat akan menjaga gearbox tetap sehat dan tidak mengalami kerusakaan.

BACA JUGA: 6 Tips Memilih Mobil Keluarga, Lebih Baik Sistem FWD atau RWD?

3. Jangan injak pedal gas secara mendadak

Menginjak pedal gas secara mendadak atau tiba-tiba sebenarnya juga dapat merusak performa mobil matic lawas secara perlahan. Menginjak pedal gas secara mendadak akan menyebabkan katup solenoide rusak

Sumber: