Upacara Peringatan Hari Jadi Kota Tegal Digelar, Pj. Walikota Ajak Masyarakat Teladani Ki Gede Sebayu

Upacara Peringatan Hari Jadi Kota Tegal Digelar, Pj. Walikota Ajak Masyarakat Teladani Ki Gede Sebayu

Upacara peringatan Hari jadi Kota Tegal--

RADAR TEGAL – Upacara peringatan hari jadi Kota Tegal digelar dengan menggunakan bahasa Tegalan, Kamis 18 April 2024 pagi di Jalan Pancasila. Bertindak selaku inspektur upacara Pj Walikota Tegal Dadang Somantri.

Pada upacara peringatan hari jadi Kota Tegal itu, Dadang yang menyampaikan sambutan dalam Bahasa Tegalan. Meskipun dirinya pejabat kelahiran Jawa Barat.

Dalam sambutannya dalam upacara hari jadi Kota Tegal ke-444, Dadang Somantri mengajak masyarakat untuk meneladani sikap dan watak Ki Gede Sebayu. Tokoh pendiri Kota Tegal.

“Apa yang dikerjakan sosok Ki Gede Sebayu sungguh bermanfaat bagi banyak orang. Sehingga diingat hingga sekarang oleh masyarakat Kota Tegal," katanya dalam sambutan upacara peringatan hari jadi Kota Tegal. 

BACA JUGA: Rapat Paripurna Hari Jadi Kota Tegal Digelar dengan Bahasa Tegalan

Tidak hanya bagi Kota Tegal saja, kata Dadang, masyarakat Kabupaten Tegal juga menghormati sosok Ki Gede Sebayu. Menurutnya, ciri-ciri orang yang bermanfaat bagi orang lain, yakni memiliki watak dan sifat rasa memiliki, cinta juga bangga senang menjadi warga Kota Tegal. 

"Bahkan watak dan sikap masyarakat Kota Tegal yang terbuka, apa adanya. Demikian juga dengan bahasa yang digunakan yaitu Bahasa ngapak Tegal, menjadi kebanggaan sebagai kearifan lokal yang harus dilestarikan," ujarnya.

Dadang melihat semangat warga yang besar dan tumbuh tekad untuk membangun Kota Tegal yang dicintai. Bersama Pemerintah guyub rukun, masyarakat mulai dari ulama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat dengan pejabatnya seiya sekata bersama membangun Kota, sesuai dengan tema peringatan Hari Jadi ke-444 Kota Tegal tahun 2024 yakni Bungah Gawe Berkah. 

“Untuk itu, kami mengajak semua elemen masyarakat Kota Tegal untuk Bersama-sama bekerja. Menjaga apa yang sudah dilaksanakan oleh pemimpin sebelumnya hingga Kota Tegal maju seperti sekarang," terangnya.

BACA JUGA: Bertepatan dengan Moment Lebaran, Ini Agenda Kegiatan Hari Jadi Kota Tegal 2024

Dadang menegaskan, dirinya hanya mengisi kekosongan jabatan Walikota Tegal hingga nanti pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota berikutnya di Bulan November. 

Sementara itu, saat dikonfirmasi sejumlah awak media, Dadang mengatakan dirinya bangga. Karena diberikan ruang dalam menggunakan bahasa Tegal saat menjadi Inspektur Upacara.

"Kearifan lokal yang luar biasa, walaupun saya mungkin banyak yang tidak pas saat membacakannya. Tetapi saya sudah berusaha," ungkap Dadang.

Demikian informasi terkait pelaksanaan upacara peringatan hari jadi Kota Tegal ke-444 yang digelar di Jalan Pancasila. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ini juga digelar dengan menggunakan bahasa Tegalan. (*)

Sumber: